Dieng Trail Run 2023, Berlari di Tengah 'Negeri di Atas Awan'

Peluncuran Dieng Trail Run 2023, di Istora Senayan, jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA Sport – Lomba lari Dieng Trail Run akan kembali digelar tahun ini. Peluncuran event tersebut dilakukan di tengah acara Indofest, di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 3 Juni 2023. 

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi ajang lomba lari itu. "Dieng Trail Run keren, memadukan sport dan keindahan alam serta lingkungan. Saya dengar peminatnya semakin banyak, semoga bisa tembus 500 peserta," kata Sandiaga saat berkunjung ke Indofest, Sabtu, 3 Juni 2023.

Dieng Trail Run bakal digelar di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah pada 22-23 Juli 2023 mendatang. Ajang ini melombakan nomor 6 km, 12 km, 25 km  dan 50 km. Para pelari akan melintasi beberapa objek wisata yang populer di dataran tinggi Dieng yang dijuluki Negeri di Atas Awan itu. Di antaranya Gunung Prau, Gunung Pakuwaja, Gunung Bismo, Bukit Sikunir, Telaga Warna, Petak 9, Tuk Bimolukar, Telaga Menjer.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

Selain olahraga, ajang yang menawarkan keindaan alam dan isu lingkungan ini, tak hanya memikat para pelari dari dalam negeri tapi juga mancanegara. “Untuk sementara sudah ada 17 pelari mancanegara yang memastikan ikut," kata Race Director Dieng Trail 2023, Jeffri Ricardo.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Pada event sama yang digelar 11 Desember 2022 lalu, para pelari dari mancanegara seperti Jepang, Malaysia, dan Prancis juga turut menjadi bagian dari 265 orang peserta lomba. 

Jeffri menuturkan, Dieng Trail Run 2023 membawa misi baru dengan komitmen lebih kuat sebagai sustainable race event dengan konsep one health. Penyelenggara membangun kesadaran para peserta mengenai pentingnya menjaga lingkungan. “Karena kesehatan kita dan bumi ini menjadi satu kesatuan,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam event ini ada juga aktivitas plogging atau berlari sambil memungut sampah. “Tiap peserta juga mendapat satu batang bibit pohon yang akan ditanam di area konservasi dan restorasi Dieng bersama Perhutani,” kata Jeffri.

Dieng Trail Run diinisiasi oleh PT. Elevasi Sarana Aktif dan mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Perhutani Kedu Utara, dan Paguyuban basecamp Gunung Prau, Gunung Bismo, dan Gunung Pakuwaja.

“Kami sangat mendukung sepenuhnya event sport tourism yang sudah masuk dalam kalender event Kabupaten Wonosobo  ini. Dieng Trail Run adalah upaya kami untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke kawasan Dieng. Yuk wisata di Indonesia saja, yuk ke Wonosobo saja,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Sri Fatonah Werdiyati Ismangil.

Pernyataan senada datang dari Subkoordinator Event Pendukung Direktorat Event Kemenparekraf Firman Abu Nasir. “Kami lihat ini event lari trail pertama di Indonesia yang tidak hanya mengangkat keindahan alam tapi juga memberikan opsi karbon offset kepada peserta. Tentunya hal ini sejalan dengan visi kami untuk membentuk sustainable tourism,“ ujarnya. 

Pendaftaran peserta sudah dimulai sejak April 2023 dan akan ditutup pada 30 Juni 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya