Korsel Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin 2018

Warga Korsel gembira Pyeongchang jadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin
Sumber :
  • AP Photo/Lee Jin-man

VIVAnews - Korea Selatan (Korsel) akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin atau Winter Games 2018, setelah sebelumnya tidak terpilih pada 2010 dan 2014. Pesta olahraga di Kota Pyeongchang ini diperkirakan akan menguntungkan Korsel hingga ratusan triliun rupiah.

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Kepastian Korsel menjadi tuan rumah berlangsung dalam suatu pemungutan suara pada sidang Komite Olimpiade Internasional di Durban, Afrika Selatan, Kamis dini hari waktu setempat. Menurut stasiun berita CNN,  kemenangan Korsel atas dua rivalnya, Jerman dan Prancis, langsung membuat indeks harga saham di bursa Seoul, Korsel, pagi ini melonjak drastis.

"Kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Korsel," kata Presiden Lee Myung Bak di Durban, Afrika Selatan, dimana keputusan itu dibuat.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

Sekitar seribu rakyat Korsel yang bersukacita pun berpesta di resort Alpensia, salah satu tempat yang direncanakan akan dipakai dalam olimpiade. Mereka menari, menyanyi, dan makan-makan sebelum pembacaan keputusan.

Keuntungan Besar

Begini Kronologi Rezky Aditya Bergaya di Depan Media Korea Selatan

Kim Jung Soon, salah seorang warga Korsel, mengatakan, "Kami sangat senang. Kami berharap akan terjadi peningkatan ekonomi setelah olimpiade ini."

Sebuah studi dari Institut Penelitian Hyundai menunjukkan, olimpiade yang akan diadakan di kota Pyeongchang ini akan membuat Korsel meraup keuntungan hingga  65 triliun won atau sekitar Rp520 triliun dari investasi, pembelanjaan, dan konsumsi.

Negara ekonomi terbesar keempat di Asia ini belum pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Satu-satunya negara Asia yang pernah menjadi tuan rumah ajang ini adalah Jepang. Korsel hanya pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada 1988. (ren)

Kepala Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Frederica Widyasari Dewi

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewanti-wanti para ibu-ibu atau emak-emak agar tidak meminjam uang dari rentenir.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024