Menkeu: Dana Sea Games Sudah Tersedia

Peluncuran Logo Sea Games XXVI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran Rp600 miliar untuk persiapan Sea Games yang sudah bisa ditarik. Kementerian Keuangan juga telah menambah Rp700 miliar untuk penyelenggaraan ajang olah raga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

"Yang Rp600 miliar itu dari sudah tersedia dan yang Rp700 miliar itu tinggal melengkapi dengan informasi rencana anggaran biaya," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo di DPR, Kamis, 15 September 2011.

Menurut Agus, dana Rp600 miliar itu baru ditarik 11 persen. Agus mengatakan yang menjadi masalah yaitu proses pengadaan tidak mengikuti sistem.
"Jangan menjadi dasar proses itu dilanggar, jangan jadi risiko. Bukan hanya pertanggungjawaban, tapi harga yang seharusnya murah jadi tidak murah," tambahnya.

Agus menjelaskan Kementerian Pemuda dan Olah Raga sudah memahami proses dan prosedur. Namun, kata dia, jika kementerian itu ingin bekerjasama dengan pihak ketiga, makaharus mengetahui sistem penggunaan uang negara.

Seperti diketahui perhelatan Sea Games pada 11-12 November 2011 terancam diundur.  Sebab, Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) sebagai panitia pelaksana nasional masih kesulitan mendapatkan dana.

Untuk itu, pemerintah diharapkan mempercepat penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2010 yang sudah direvisi. Salah satu klausul tambahan Keppres tersebut diharapkan bisa memberikan kewenangan pada Inasoc untuk melakukan tugas sebagai panitia pelaksana nasional.

"Kemarin, saya sudah bertemu dengan Seskab (Sekretaris Kabinet, Dipo Alam) untuk membahas mengenai payung hukum tersebut. Habis (peringatan Haornas) ini, Sesmen (Sekretaris Menpora, Joko Pekik) juga akan bertemu dengan deputi beliau untuk membahasnya," jelas Menpora Andi Malalrangeng.

"Intinya adalah pencairan dana bisa dipercepat melalui payung hukum yang sah. Nanti akan ada pembicaraan langsung juga dengan Menteri Keuangan. Mengenai payung hukum yang diminta DPR kemarin, saya sudah bertemu dengan Menkumham," tambahnya.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 6 poin atau 0,09 persen di level 7.167, pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024