Inilah 10 Stadion Olahraga Terbesar di Dunia

Rungrado 1st of May Stadium
Sumber :
  • Wikipedia
VIVA.co.id
Tottenham dan Wembley Capai Kesepakatan
- Wembley mungkin merupakan stadion besar dan megah, sehingga pantas menjadi kebanggaan masyarakat Inggris. Begitu beberapa stadion lain seperti Camp Nou yang berkapasitas 99.786 penonton yang menjadi rumah bagi Barcelona FC.

FA Turunkan Harga Tiket Semifinal dan Final Piala FA

Keduanya memang layak disebut stadion besar, tapi bukan yang terbesar. Banyak stadion yang menjadikan Wembley dan Camp Nou tampak kerdil. Dikutip dari
Piala Dunia Rugby Diwarnai Aksi Lamar Kekasih
Mirror , Rabu, 21 Oktober 2015, stadion terbesar saat ini adalah Rungrado 1st of May Stadium.

Stadion berkapasitas 150.000 penonton yang ada di Korea Utara (Korut) itu begitu besarnya hingga dapat menampung dua kali lipat ukuran Millennium Stadium yang ada di Cardiff, Inggris. Berikut ini adalah daftar 10 stadion terbesar di dunia.


1. Rungrado 1st of May Stadium


Stadion yang selesai dibangun pada 1 Mei 1989 ini berdiri pada lahan seluas 207.000 meter persegi di Pyongyang, ibukota Korut. Pertama kali digunakan untuk menggelar Arirang, pertunjukkan artistik untuk memperingati mendiang pendiri Korut Kim Il-sung.


Kerap digunakan untuk pertandingan sepakbola, atletik. Penamaan stadion merujuk pada lokasinya di Rungrado, lahan yang membentuk pulau kecil di tengah Sungai Taedong, serta May Day yang merupakan Hari Buruh Internasional.


Bentuknya disebut seperti bunga magnolia yang sedang mekar. Stadion ini menjadi tempat mantan pemimpin Korut Kim Jong-Il, menjamu Madeleine Albright, mantan Menlu Amerika Serikat (AS) pada masa pemerintahan presiden Bill Clinton, pada 2000.


2. Michigan Stadium


Stadium berkapasitas 107.601 penonton, dengan julukan "The Big House" ini merupakan stadion sepakbola kampus terbesar di dunia, menjadi rumah bagi tim Wolverines di Universitas Michigan, AS.


Jumlah penonton terbanyak yang pernah tercatat, adalah 115.109 orang pada 2013, saat laga antara Wolverines melawan rival abadinya, Notre Dame Fighting Irish.


3. Beaver Stadium


Tim sepakbola kampus, The Pen State Nittany Lions di Pennsylvania, AS, mengklaim Beaver sebagai kandang mereka, yang dikenal sebagai fasilitas olahraga paling keras di AS, dengan kapasitas penonton mencapai 107.572 orang.


4. Ohio Stadium


Sebanyak 104.944 penonton dapat ditampung, dalam stadion yang mendapat nama The Shoe oleh masyarakat setempat, menjadi rumah bagi tim juara nasional Ohio States Buckeyes.


5. Kyle Field


Stadion berkapasitas 102.512 penonton yang dibangun di jantung Texas, adalah stadium pilihan untuk tim Texas A&M Aggies sejak 1904. Ukurannya mengalahkan stadion tim NFL paling populer di AS, AT&T milik Dallas Cowboys.


6. Neyland Stadium


Neyland Stadium di Tennessee, AS, sebenarnya berukuran lebih besar sebelum direnovasi. Kapasitas penonton dari stadium kini telah berkurang menjadi 102.455 orang, dengan nama diambil dari nama legenda NFL Robert Neyland.


7. Tiger Stadium


Stadion yang populer dengan julukan "Death Valley" di Baton Rouge, Louisiana, itu adalah salah satu yang terbesar di AS, dengan 102.321 tempat duduk penonton, atau setara dengan jumlah penduduk kota terbesar kelima di Lousiana.


8. Bryant-Denny Stadium


Stadion yang mengambil nama dari Paul "Bear" Bryant dan George H Denny, memiliki kapasitas 101.821 penonton, menjadi rumah untuk tim sepakbola Universitas Alabama, AS.


9. Darrell K Royal–Texas Memorial Stadium


Arena yang disebut memiliki ukuran mengintimidasi penonton, itu memiliki kapasitas hanya 100.119 penonton. Rumah bagi tim NFL Texas Longhorns itu, hanya berada di urutan kedua terbesar pada negara bagian Texas.


Tapi berdasarkan pendapatan, Darrell K Royal mencatatkan aliran dana terbesar dalam industri olahraga di AS, disebut mencapai lebih dari $115 juta, yang membuat stadion berukuran monster itu salah satu yang terbaik di AS.


10. Melbourne Cricket Ground


Stadion berkapasitas 100.024 penonton, ini adalah arena pertandingan cricket terbesar di dunia. Sudah ada dua kali perombakan besar, sejak pertama kali dibangun pada 1850an, walau masih tampak memperlihatkan keindahan bangunan bersejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya