Ini Regulasi dan Cara Tentukan Pemenang Duel BAMMA

One Pride BAMMA
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id
Keseruan Lomba Lari Berbalut Pesta Warna-warni
- Regulasi dalam setiap pertarungan BAMMA, yang merupakan asosiasi seni bela diri campuran (MMA) Inggris, menggunakan peraturan yang dibuat Komisi Atletik Nevada. Regulasi itu dikembangkan dari peraturan sebelumnya, yang dibuat Dewan Kontrol Atletik New Jersey.

One Pride BAMMA: Jeremy Petley vs Martin Stapleton

Walau awalnya dibuat untuk pertandingan MMA di wilayah Amerika Serikat (AS), kini regulasi itu diadopsi hampir semua asosiasi MMA di seluruh dunia. Dilansir dari situs
VIVA Grup Tidak Diakuisisi Sinarmas
BAMMA , setiap duel dilakukan dalam tiga ronde yang masing-masing berlangsung selama lima menit.

Setiap ronde diselingi dengan waktu istirahat selama satu menit. Merujuk pada regulasi, para petarung BAMMA hanya boleh mengenakan celana yang disetujui, tanpa sepatu atau segala bentuk pelapis kaki lainnya. Sarung yang digunakan, harus membuat jari petarung tetap leluasa mencengkram.


Wasit memiliki kewenangan untuk menghentikan petarung, meminta mereka berdiri jika terjadi kebuntuan di atas ring, di mana tidak ada petarung yang berada dalam posisi dominan. Namun wasit harus memberikan peringatan verbal sebelumnya.


Penilaian dilakukan menggunakan sistem 10 poin. Tiga juri memberi penilaian setiap ronde. Pemenang setiap ronde memperoleh 10 poin, sementara yang kalah diberikan sembilan poin atau lebih kecil. Jika juri menganggap imbang, maka kedua petarung memperoleh 10 poin.


Pertandingan dapat berakhir dengan beberapa keputusan:


Submission
: seorang petarung dapat menyerah, dengan melakukan sedikitnya tiga kali tepukan pada matras atau tubuh lawannya, atau secara verbal.


Knockout
: jika seorang petarung jatuh setelah terkena pukulan yang sah, dan tidak sadarkan diri atau tak mampu segera melanjutkan pertandingan.


Technical Knockout
: jika wasit menilai seorang petarung tidak mampu mempertahankan diri, atau dokter menyatakan petarung tak mampu melanjutkan pertandingan karena cedera.


Keputusan Juri
: pemenang ditentukan berdasarkan penilaian tiga juri, yang hasilnya terbagi dalam enam kategori.

   - Keputusan mutlak, jika ketiga juri memberi kemenangan pada satu petarung.

   - Keputusan terbelah, kalau dua juri memberi kemenangan pada satu petarung, satu juri memberi kemenangan pada petarung lainnya.

   - Keputusan terbanyak, ketika dua juri memenangkan seorang petarung, satu juri menyatakan imbang.

   - Imbang mutlak, jika tiga juri menetapkan imbang.

   - Imbang mayoritas, dua juri menyatakan imbang.

   - Imbang terbelah, jika total poin masing-masing petarung sama.


Anda dapat menyaksikan pertarungan seru BAMMA, melalui program One Pride BAMMA yang ditayangkan tvOne, setiap Sabtu pukul 22.00 WIB.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya