Sarah Pecahkan Rekor Dunia Renang Gaya Kupu-kupu

Perenang Swedia Sarah Sjostrom
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Perenang Swedia, Sarah Sjostrom memecahkan rekor dunia renang, dalam final gaya kupu-kupu 100 meter pada Olimpiade 2016 di Brasil, Senin 8 Agustus 2016.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya

Sarah mencatatkan waktu 55,48 detik untuk mematahkan rekor dunia sebelumnya, yang juga tercatat atas namanya.

Dikutip dari Reuters, tiga kali juara dunia dalam gaya kupu-kupu 100 meter itu membuat rekor dunia di Rusia dengan catatan waktu 55,64 detik pada 2015 lalu. Di Rio de Janerio pagi ini, perenang Kanada Penelope Oleksiak, tertinggal hampir satu detik dengan catatan waktu 56,46 detik di tempat kedua.

Sementara itu, mendali perunggu didapat perenang Amerika Serikat, Dana Vollmer, yang mencatatkan waktu 56,63 detik. Di kelas lainnya, dua kali peraih medali emas Olimpiade Yannick Agnel, mengumumkan pensiun setelah gagal mempertahankan titel juara 200 meter.

"Ini kompetisi internasional terakhir saya," kata perenang Prancis yang baru berusia 24 tahun itu.

Agnel memenangkan emas 200 meter dan estafet 4x100 meter di London, pada 2012. Namun, performanya merosot drastis di Olimpiade 2016, dengan gagal kualifikasi.

Dia hanya finis di posisi 19, sementara hanya 16 teratas yang bisa melaju ke semifinal. Tempatnya di Olimpiade pun, sebenarnya sudah terancam sebelum berangkat ke Brasil. "Saya kecewa, sangat kecewa," kata Agnel tentang performanya.

Agnel absen dalam kejuaraan dunia tahun lalu di Rusia, karena infeksi lambung. Dia juga dalam kondisi psikis terguncang, karena kematian sahabat dan mitra latihannya, Camille Muffat, dalam kecelakaan helikopter saat acara program televisi realitas di Argentina, Maret 2015. (asp)

Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya
Fehaid Al-Deehani jadi atlet tanpa negara pertama peraih emas Olimpiade

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade

Dia jadi atlet independen karena negaranya dihukum IOC.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016