Rossi Puas, Marquez Keluhkan Satu Hal Ini

Pembalap asal Indonesia, Galang Hendra bersama Valentino Rossi
Sumber :
  • Dok. Yamaha Racing

VIVA – Hari kedua tes MotoGP Sepang, Senin 29 Januari 2018, banyak pembalap yang melakukan debut dengan menggunakan fairing baru. Terutama para pembalap dari tim Yamaha dan Honda.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Duo pembalap papan atas milik tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, memakai fairing modifikasi yang pertama terlihat pada tes di Valencia November silam. Sedangkan, trio Repsol Honda, Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Cal Cructhlow menggunakan fairing desain 'martil' yang baru ditampakkan dalam beberapa hari sebelumnya.

Rossi menyatakan bahwa fairing yang baru tersebut sangat bagus dan aerodinamis. Fairing tersebut cukup nyaman saat motor berada dalam kondisi tidak lurus.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

"Saya mencoba fairing dengan aerodinamis dan bagus, saya suka, lebih baik. Dengan jenis fairing ini, Anda merasa lebih banyak merasakan kontak depan, jadi saat harus mengendarai motor tidak lurus, dan Anda merasa lebih banyak kontak di bagian depan," kata Rossi, melansir Crash.

Sementara itu rekan setim Rossi, Vinales mengatakan tentang fairing baru yang meningkat pesat dalam soal akselerasi. Namun, pembalap asal Inggris ini juga mengkritik fairing karena masih beberapa bagian sudut yang buruk apabila diturunkan pada sirkuit yang anginya sangat kencang.

"Fairing baru membaik dalam akselerasi, terakhir saya coba meningkat pesat, ini penting untuk trek seperti Austria dan Le Mans. Tapi pasti di trek lain kami mungkin tidak ingin menggunakannya, seperti di Australia yang banyak angin karena di beberapa bagian sudut masih buruk," jelas Vinales.

Sementara itu, juara dunia musim lalu, Marc Marquez merasa fairing baru yang digunakan motornya masih belum terdapat keseimbangan yang bagus. Marquez mengkhawatirkan kondisi ban yang akan terlalu panas akibat kestabilan pengeraman yang tinggi.

"Kestabilan pengereman menjadi lebih baik, tapi saat Anda mulai masuk ke tikungan sepertinya motor lebih sulit untuk disesuaikan. Saya pikir dengan fairing baru kita perlu menemukan keseimbangan motor yang bagus," ujar Marquez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya