MotoGP Potong Jumlah Lap di Tujuh Balapan

pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dalam MotoGP Jepang
Sumber :
  • Crash.net

VIVA – Jumlah lap di balapan MotoGP, Moto2 dan Moto3 harus menyesuaikan dengan keseimbangan dalam durasi balapan. Tujuh balapan pada kalender MotoGP akan dipangkas pada tahun ini.

Jadwal MotoGP 2024 Resmi Dirilis, Indonesia Seri ke-16

Jarak perlombaan di MotoGP akan mulai dicoba dari tahun musim ini, dengan masa transisi selama 2 tahun. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa balapan memiliki durasi yang sama di setiap tempat agar bisa membantu pihak televisi dalam menyusun program acara.  

Akibat terbentur aturan mengenai penggunaan bahan bakar dan mesin di kelas utama, tidak memungkinkan untuk menambah jarak balapan dan menurunkan jarak balapan yang lain. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan dalam penyesuaian jarak balapan, pihak MotoGP mempersingkat tujuh balapan pada musim 2018.

Menanti Sistem Deteksi Kecelakaan MotoGP yang Baru

Melansir Paddock Talk, GP Amerika Serikat, GP Prancis, GP Catalan, GP Ceko dan GP San Marino akan dikurangi satu putaran. Sedangkan, GP Spanyol dipangkas dua lap dan GP Valencia akan dipangkas tiga lap, perubahan ini bersifat final.

Sementara itu, untuk Moto2 dan Moto3 terjadi perubahan yang hampir sama seperti MotoGP. Di Moto2, balapan GP Amerika Serikat, GP Prancis, GP Catalan, GP Jerman, GP Ceko, GP San Marino, GP Jepang dan GP Malaysia akan disingkat satu lap, serta GP Spanyol dan GP Valencia dipangkas dua lap.

Jadwal Lengkap MotoGP 2024

Pada gelaran Moto3, GP Amerika Serikat, GP Spanyol, GP Catalan, GP Ceko, GP Aragon, GP Malaysia dan GP Valencia dikurangi satu lap, sedangkan GP Prancis dipotong dua lap. Namun, pada tahun 2019 Moto2 dan Moto3 akan mengalami penurunan jarak balapan yang lebih drastis.

Selain itu, perubahan juga telah dilakukan terhadap prosedur untuk bendera merah di balapan MotoGP. Mulai dari musim ini dan seterusnya, bendera merah akan muncul setidaknya setelah 75 persen dari jarak balapan dan balapan dianggap selesai, maka hasilnya akan diumumkan.

Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Amerika 2024, Akhir Pekan Ini

MotoGP Amerika 2024 yang merupakan seri ketiga di musim ini akan kembali berlangsung akhir pekan ini, namun sesi sprint race dan balapan akan berlangsung dini hari WIB.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024