Si Cantik Calderon Angkat Pamor Wanita di F1

Tatiana Calderon
Sumber :
  • motorsport

VIVA – Tatiana Calderon ditunjuk sebagai test driver Tim Alfa Romeo Sauber Formula 1 (F1) musim 2018 ini. Pembalap cantik asal Kolombia itu merupakan pembalap binaan tim Sauber yang musim lalu berpacu di GP3 bersama DAMS.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Setelah diumumkan secara resmi oleh Tim Sauber pada Selasa, 6 Maret 2018, dia sudah melakoni tes balapan di Barcelona.

"Ini sebuah kemajuan besar buat karier saya," kata Tatiana di sela-sela tes di Barcelona seperti dilansir Daily Autosport, Jumat 9 Maret 2018.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber
Fakta Formula 1 di Miami : Dari Stadium Hingga Klasemen

Pembalap 24 tahun itu mengucapkan terima kasih kepada tim Sauber atas kesempatan yang diberikan kepadanya. "Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini," ujarnya.

Ditanya apakah perkerjaanya di mesin simulasi ataukah di belakang kemudi, Calderon menjawab akan berada di dalam mobil F1.

"Ya, saya akan bekerja di belakang kemudi di dalam mobil. Kapan waktu pastinya belum ditentukan, tapi saya telah berada di dalam C37 musim ini," ujarnya. Sauber C37 adalah mobil balap Formula 1 yang didesain dan dibangun Tim Sauber. 

Calderon mengungkapkan betapa panjang dan keras usahanya mencapai level ini. Tahun lalu dia berpacu di arena GP3 dan telah memberinya banyak pengalaman dan keahlian baru. "GP3 adalah sekolah yang hebat," ujarnya.

Calderon yakin jenis kelamin tak akan menghalanginya bersaing dengan pembalap laki-laki. "Saya memenuhi persyaratan fisik untuk bisa sukses mengendalikan mesin Formula 1. Kami telah membicarakannya dengan Charles LeClair dan telah menghasilkan sebuah kesepakatan," ujarnya.

"Orang sering underestimate dengan pembalap junior seperti GP3. Tidak ada power steering sehingga roda F1 berputar lebih mudah." (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya