Ricciardo Dijatuhi Hukuman Mundur 3 Posisi saat Start

Mobil pembalap tim Red Bull, Daniel Ricciardo.
Sumber :
  • REUTERS/Eric Gaillard

VIVA – Daniel Ricciardo menjadi pembalap pertama yang dihukum pada musim ini. Ia dihukum akibat pelanggaran bendera merah pada saat sesi latihan bebas 2 di F1 GP Australia, Jumat. 23 Maret 2018.

Penuh Insiden, Max Verstappen Juara F1 GP Australia 2023

Hukuman yang diterima pembalap Red Bull itu didapatkan saat ingin menyelesaikan lap dalam simulasi kualifikasi. Di saat ingin menuntaskan putaran, Ricciardo gagal memenuhi batas minimum kecepatan.

Para steward melihat pembalap asal Australia itu tidak melambat ketika bendera merah sudah dikibarkan. Dengan pelanggaran tersebut, Ricciardo telah dijatuhi hukuman untuk mundur 3 posisi saat startr dari hasil yang didapatnya dari sesi kualifikasi.

Charles Leclerc Raih Podium Tertinggi di F1 GP Australia

"Para steward telah meninjau data dan menemukan bahwa Ricciardo gagal untuk tetap berada pada batas waktu minimum yang telah ditetapkan oleh FIA ECU," tulis laporan steward selepas sesi latihan bebas, seperti dikutip Planet F1, Jumat, 23 Maret 2018.

"Steward juga menemukan bahwa Ricciardo melambat sebanyak 175 kph dari waktu telah ditentukan, dan melambat secara signifinakan dalam tiga lap terakhir," lanjut laporan tersebut.

Jadwal F1 GP Australia, Verstappen Waspadai Trek Baru Albert Park

Ricciardo pun mengakui kesalahannnya dalam memacu mobil di bawah waktu minimum akibat kurang teliti. Ia melakukan hal tersebut karena harus memanajemen bahan bakar.

"Stok bahan bakar saya berkurang karena bendera merah. Saya tidak terlalu kecewa melihatnya, saya melakukan putaran tidak begitu bagus," kata Ricciardo, dalam konferensi pers usai sesi latihan bebas.

Hukuman ini membuat pembalap berusia 28 tahun itu harus bekerja ekstra untuk meraih podium di kandangnya sendiri. Hal ini akan menyulitkan Ricciardo untuk memecahkan tren buruk pembalap tuan rumah di GP Australia. Musim lalu, Ricciardo gagal finis di Sirkuit Albert Park. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya