Kena Sanksi Penalti, FIA Ingin Verstappen Lebih Hati-hati

Pembalap Tim Red Bull, Max Verstappen
Sumber :
  • REUTERS/Henry Romero

VIVA – Direktur Balap Formula One (F1) FIA, Charlie Whiting menjelaskan bahwa poin penalti yang diberikan Max Verstappen diharapkan membuatnya lebih memperhatikan tindakannya dalam balapan di masa depan.

Kontroversi di Balik Sukses Max Verstappen Juara Dunia F1 2021

Sebelumnya, Verstappen dan Sebastian Vettel harus berbenturan di tikungan ke-14 pada balapan di GP China akhir pekan kemarin.

Verstappen sedang berusaha menyalip Vettel, untuk merebut posisi ketiga. Tetapi, pembalap asal Belanda tersebut terpaksa menabrak Vettel hingga terpelanting pada lap ke-43.

Apresiasi ExxonMobil untuk Sang Juara Dunia F1 2021 Max Verstappen

Kejadian tersebut membuat Vettel harus menyelesaikan lomba diperingkat ke-8. Sedangkan Verstappen, menerima hukuman penalti 10 detik dan dua poin penalti, yang membuat posisinya melorot di urutan kelima di belakang Lewis Hamilton dalam hasil akhir balapan.

Whiting merasa perlu untuk memperingatkan Verstappen tentang standar mengemudi, karena dia juga terlibat bentrokan yang lain dengan Lewis Hamiston pada GP Bahrain. Whiting yakin, dengan adanya poin penalti ini akan cocok sebagai peringatan untuk Verstappen.

Kata Lewis Hamilton Usai Gagal Pertahankan Gelar Juara Dunia F1

Jika dihitung secara total, Verstappen musim ini sudah mengoleksi lima poin penalti. Dalam aturan FIA tercantum, bahwa seorang pembalap akan secara otomatis tidak boleh ikut dalam satu balapan jika sudah menyentuh batas maksimal 12 poin penalti dalam periode satu tahun.

“Saya tidak berpikir, ada kebutuhan untuk berbicara dengan Verstappen. Saya pikir, dia membuat kesalahan dan dia dihukum untuk itu,” kata Whiting, seperti dikutip dari Crash.net.

“Mungkin ada sedikit kritik, tetapi itulah titik penalti untuk dia. Mereka ada di sana untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut, dan itu akan membuatnya menyadari bahwa dia mendapat lima poin penalti sekarang jadi dia akan sedikit lebih berhati-hati,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya