Para Pembalap MotoGP Diuntungkan Kasus Rossi Vs Marquez

Marc Marquez (kiri) dan Valentino Rossi.
Sumber :
  • MotoGP

VIVA – Perseteruan antara Valentino Rossi dan Marc Marquez bagaikan efek domino dalam persaingan di MotoGP di musim ini. Banyak pembalap yang khawatir munculnya dampak konflik keduanya di atas lintasan.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Ya, dengan adanya perseteruan antara Rossi dan Marquez, bisa jadi nilai-nilai olahraga di MotoGP hilang begitu saja. Sebab, orang lebih banyak membicarakan perseteruan ini ketimbang prestasi yang diraih para pembalap.

Dan itu sudah terjadi. Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, sudah merasakannya.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Saat menyabet podium pada MotoGP Argentina, Rins mengaku lebih banyak mendengar orang di sekitarnya membicarakan insiden Rossi-Marquez. Ketimbang para pembalap yang menyabet posisi 3 besar.

"Saya rasa, kita harus bicarakan hal yang lebih penting," kata Rins seperti dilansir Crash.

Pembalap Yamaha Movistar MotoGP, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Yang harus lebih disorot adalah seperti apa persaingan mereka ke depannya. Apakah Rossi dan Marquez bisa bersaing lebih sehat? Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, ragu akan hal ini.

"Ketika sesuatu seperti itu terjadi, setiap kali mereka akan bertarung berdasarkan apa yang terjadi di musim lalu. Ini akan bersaing atas apa yang terjadi di masa sebelumnya, tentu berpengaruh ke semua pembalap," ujar Dovizioso.

Namun, tak melulu dampak negatif yang muncul dalam perseteruan Rossi-Marquez. Johann Zarco, joki Yamaha Tech3, justru melihat ada sebuah dampak positif yang bisa muncul dari persaingan ini.

Saat Rossi dan Marquez berseteru, pembalap lain bisa mengambil panggung utama. Mereka bisa menyalip untuk jadi bintang dan menggeser popularitas Marquez serta Rossi.

"Ketika mereka hidup dalam perseteruan, kami bisa dapat kesempatan meraih kemenangan dan menggeser peta persaingan. Jadi, saya melihat hampir banyak hal positif untuk kami," terang Zarco.

Ya, apa yang dikatakan Zarco benar juga. Bisa jadi, Rossi akan lebih terpaku dengan Marquez, sehingga fokusnya sedikit terpecah.

Di sinilah para pembalap lain yang selama ini kurang disorot, bisa muncul dan menggeser prestasi mereka. MotoGP bisa semakin seru, karena banyak pembalap yang mampu meraih podium. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya