Ganggu Rekan Rossi, Marquez Kena Batunya di GP Amerika

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Motogp.com

VIVA – Marc Marquez kena batunya. Gaya nakalnya saat balapan kali ini membuat dia kena penalti dari MotoGP. Pembalap Repsol Honda itu seharusnya mendapatkan pole position, tapi dihukum turun tiga grid sehingga terpaksa start dari posisi empat.

Joan Mir Ungkap Tantangan Terbesar pada MotoGP Amerika

Hukuman ini karena Marquez terciduk memperlambat laju motor sehingga mengganggu Maverick Vinales yang berada di belakangnya. 

Vinales tampak marah atas tindakan Marquez. Usai balapan, kekesalannya dilampiaskan. FIM Stewards kemudian mengumumkan insiden antara Marquez dan Vinales diinvestigasi.

Francesco Bagnaia Jatuh Lagi, Alex Rins Juara MotoGP Amerika 2023

Marquez dinilai membalap dengan tidak bertanggung jawab sehingga membahayakan pembalap lain. Hasilnya, Marquez kena penalti tiga grid karena tindakannya memperlambat laju motor mengganggu pembalap lain.

Rekor Baru di MotoGP Amerika

Hukuman serupa menimpa pembalap KTM, Pol Espargaro. Espargaro melakukan aksi sebagaimana yang dilakukan Marquez. 

Diberitakan sebelumnya, Marquez, sukses merebut posisi terdepan (pole position) di MotoGP Amerika. Mengaspal di Circuit of the Americas, Minggu dini hari WIB, 22 April 2018, pembalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu tercepat dua menit 3,658 detik.

Hasil ini memberi catatan gemilang bagi Marquez. Sebab, ini kali keenam secara beruntun dia menjadi yang terdepan di MotoGP Amerika.

Marc Marquez (kiri) dan Maverick Vinales.

Berada di belakangnya, ada pembalap Yamaha, Maverick Vinales. Dia berselisih 0,406 detik dari rekan senegaranya.

Melengkapi posisi tiga terdepan, terdapat pembalap Suzuki, Andrea Iannone. Ini kali pertama di musim ini bagi pembalap asal Italia untuk menempati grid pertama.

Sementara itu, Valentino Rossi harus puas memulai balapan dari posisi kelima. Sedangkan jagoan Ducati, Andrea Dovizioso, memulai balapan dari posisi ke-8

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya