Menyoal Penalti dari Insiden Vettel dan Bottas

Insiden tabrakan Sebastian Vettel dengan Valtteri Bottas
Sumber :
  • Crash.net

VIVA – Rasa tak puas menghampiri sebagian pembalap Formula 1 usai Sebastian Vettel mendapatkan hukuman penalti karena bertabrakan dengan Valtteri Bottas. Hukuman yang diterima Vettel adalah penalti lima detik.

Kedatangan Lewis Hamilton Bikin Saham Ferrari Meroket

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, sangat tak puas dengan hukuman tersebut. Menurutnya, Vettel layak mendapat hukuman yang lebih berat usai menabrak rekan satu timnya.

Demi meluruskan hal ini, Direktur Balapan FIA, Charlie Whiting, menjelaskan hukuman yang diambil sudah sesuai dengan prosedur.

Ferrari Ungkap Persoalan Utama di Musim 2023

Race Steward mengambil keputusan tanpa melebih-lebihkan insiden yang terjadi. Dan keputusan yang diambil, menurut Whiting, sudah sangat adil.

Sebab, ada insiden serupa yang pernah terjadi di F1 musim ini. Itu adalah saat Romain Grosjean bersinggungan dengan Esteban Ocon di awal musim.

Keyakinan Leclerc Mampu Bangkit Bersama Ferrari di Musim Depan

"Mereka memiliki empat opsi dalam mengambil hukuman. Penalti lima detik, 10 detik, mobil dihentikan, dan penalti berjalan," terang Whiting dilansir Crash.

"Tentu saja, penalti lima detik diambil di mana, itu sudah sangat konsisten dengan insiden serupa. Tapi, saat meninjau dampak yang ditimbulkan, mungkin bisa berbeda hasilnya. Steward tak melihat ke sana," lanjut dia.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton

Gaji Fantastis Lewis Hamilton di Ferrari

Kepindahan Lewis Hamilton ke Ferrari di Formula 1 (F1) 2025 sangatlah mengejutkan. Karena tidak ada yang menyangka, pembalap asal Inggris itu mau meninggalkan Mercedes.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2024