Tercepat di Misano, Galang Hendra Populerkan Belangkon Jawa

Galang Hendra, pembalap Yamaha Indonesia di World Supersport 300.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pembalap Yamaha Racing Indonesia, Galang Hendra Pratama, menyempurnakan perjuangannya dengan merebut pole position atau posisi terdepan dalam sesi Superpole 2 (SP2) balap WorldSSP300 di Sirkuit Misano, Italia, 7 Juli 2018.

Dampak Besar MotoGP Mandalika untuk Galang Hendra dan Indonesia

Galang mengukir best time 1 menit 50,517 detik. Posisi 2 dan 3 milik pembalap yang membesut Ninja 400, Scott Derou dan Perez. Masing-masing berjarak waktu 0,344 detik dan 0,388 detik dari Galang Hendra Pratama.

”Saya sangat senang karena mendapatkan pole position yang kedua kalinya di musim balap tahun ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim, sponsor dan semuanya yang mendukung saya dalam doa. Untuk race nanti, saya akan melakukan yang terbaik untuk Merah Putih semakin di depan,” tutur Galan.

Pakai Yamaha YZF R6 di Mandalika Galang Hendra Kecipratan Oli

Galang saat ini berada di posisi 8 dalam klasemen sementara dan memiliki target mencapai klasemen 3 besar berdasarkan hasil WorldSSP300 Misano, Italia.

Yang menarik, Galang Hendra sengaja membawa belangkon Jawa yang dipakai bersama kru timnya. Galang Hendra mengaku ingin membawa dan memperkenalkan budaya Jawa di Benua Eropa.

Pakai Motor Buatan Pulogadung, Pembalap Indonesia Toreh Prestasi Dunia

“Saya bawa belangkon Jawa sekitar 12 buah. Kita pakai semua. Saya ingin mengenalkan dan mempopulerkan budaya Jawa di dunia balap internasional,” katanya.

Patut dicatat, bahwa secara teknis, pacuan Yamaha YZF-R3 Galang Hendra kalah dalam pencapaian top-speed atau kecepatan puncak sekitar 5 km/jam dari Ninja 400 yang memiliki kapasitas mesin lebih besar. Itu berdasarkan data Superpole 2 (SP2). Namun racer asal Yogyakarta usia 19 tahun ini terbukti lebih baik saat melibas berbagai handycap trek Misano Italia yang memiliki panjang 4,226 km.

Bahkan, pembalap yang mengusung tim Biblion Yamaha Semakin di Depan MotoX Racing, sebelumnya menjadi yang tercepat dalam hasil kombinasi latihan bebas 1 dan 2 (FP1 & FP2). 

Mencatat waktu 1 menit 51,217 detik. Jadi ada penajaman waktu yang signifikan hingga 0,7 detik. Kita dokan saja, semoga perjuangan Galang Hendra Pratama dapat kembali mengulang podium juara yang pernah direbut saat seri WSSP300 Brno, Ceko. Mohon dukungan Rakyat Indonesia untuk mewujudkan Merah Putih semakin di depan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya