Rossi: Ban Jadi Penentu Hasil Balapan MotoGP Ceko

Pembalap Tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS/Yves Herman

VIVA - Valentino Rossi menilai, balapan di MotoGP Republik Ceko akan berlangsung cukup sulit. Menurut pembalap Movistar Yamaha ini manajemen ban akan menentukan hasil balapan nanti, Minggu 5 Agustus 2018.

Setim dengan Pembalap Indonesia Sean Gelael di WEC 2024, Begini Pengakuan Valentino Rossi

Rossi menyatakan hal tersebut usai meraih posisi ketujuh pada sesi latihan bebas kedua pada Jumat 3 Agustus 2018. Saat itu, pembalap asal Italia tersebut kalah 0,5 detik dari Dani Pedrosa yang ada di posisi satu.

Bagi Rossi kondisi lintasan sirkuit Brno terasa tidak rata dan itu membuat ban cepat habis. Belum lagi, cuaca panas yang cukup menyulitkannya.

Berbagi Trek dengan Valentino Rossi, Catatan Waktu Marc Marquez Dirahasiakan

"Kondisinya maksimal, dengan lebih 50 derajat di atas trek, Sulit mengelola dan mengendarai motor karena trek tampaknya juga punya benjolan lebih banyak, sedikit lebih buruk dibandingkan tahun lalu," kata Rossi dilansir Crash.

"Saya tidak cukup senang, terutama di bagian depan motor. Kami harus terus bekerja, tapi bagi saya masalah utamanya adalah ban belakang. Di sini, ban belakang cepat habis. Setelah tiga atau empat lap saja. Anda kehilangan banyak cengkeraman dan putaran sehingga sulit menjaga kecepatan," ujarnya menambahkan.

Valentino Rossi Kembali Tunggangi Yamaha, VR46 Berada di Persimpangan Jalan

Maka itu, dia menilai ban akan menjadi fokus bagi timnya dan akan mencoba berbagai jenis di latihan bebas ketiga nanti. Menurutnya, manajemen ban di lintasan akan krusial sebab akan dilakukan hampir semua pembalap.

"Saya pikir semuanya kesulitan, tergantung siapa yang tidak terlalu mengalaminya. Dengan ban baru, Anda punya dua lap dan bisa melesat serta meningkatkan waktu. Tapi dalam 21 lap, saya pikir kunci ke podium adalah mencoba mereduksi hal itu. Saat ban belakang habis, Anda kehilangan banyak kinerja dan waktu. Treknya juga panjang sehingga celahnya akan menjadi lebih besar." (mus)

Sari Rachmi dan Nugroho Setyo Utomo dari PT Pertamina Lubricants

Pertamina Lubricants Beber Alasan Jadi Sponsor VR46 Racing Team

Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan hadir di MotoGP 2024. Pertamina Lubricants memiliki dua tujuan dalam menjalin kerja sama dengan tim besutan Valentino Rossi.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024