Rahasia di Balik Kencangnya Mobil Balap F1

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat jajal mobil Toro Rosso F1
Sumber :
  • Formula1.com

VIVA – Ajang balap Formula One (F1), tinggal menyisakan empat seri balapan lagi di musim 2018 ini. Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, memimpin klasemen balapan dengan 331 poin, disusul pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dengan 264 poin.

Lewis Hamilton Ingin Tampil di F1 hingga Usia Kepala 4

Kecepatan pembalap di lintasan balap seringkali membuat kita kagum. Ternyata, di balik kehebatan mobil F1, beberapa di antaranya ada yang menggunakan komponen buatan ZF.

Teknologi yang mendukung mobil-mobil balap ini memungkinkan mereka untuk melaju sampai batas maksimum mereka berkat setiap komponen yang bekerja secara sinkron di bawah kap mesin. Mobil balap mulai dari Ferrari, Sauber, Force India dan Haas dilengkapi dengan damper buatan ZF, sementara mobil balap Red Bull dilengkapi dengan kopling buatan ZF.

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

"Kopling karbon F1 secara khusus dikembangkan sesuai dengan masing-masing kebutuhan pengemudi, memberikan kopling tipe tarik 97 mm yang dapat beroperasi untuk kecepatan hingga 22.000 rpm, torsi yang dapat ditransmisikan melebihi 800 Nm, bahan gesekan karbon untuk gerakan awal yang dioptimalkan, pegas diafragma dengan stabilitas termal serta rumah kopling dibuat dengan titanium berkekuatan tinggi," kata Kepala Komunikasi Regional AP Aftermarket, Stefanie Fischer, dalam rilis yang diterima VIVA.

"Damper F1 adalah damper batangan yang terbuat dari titanium, rumahnya yang terbuat dari aluminium berkekuatan tinggi dengan diameter piston tidak lebih dari 30 mm dan berat kurang dari 300 gram. Untuk menempatkan semua komponen itu dalam perspektif, maka setiap spesifikasi dalam produk akan bekerja bersama-sama untuk memberikan performa level tertinggi dan memastikan keamanan maksimum di setiap balapan," lanjutnya.

10 Tahun dalam Kondisi Menyedihkan, Schumacher Diterapi dengan Suara Mobil

Seri F1 selanjutnya akan berlangsung di Texas, Amerika Serikat. Para pembalap bakal unjuk gigi di  Circuit of the Americas, 21 Oktober 2018.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton

11 Tahun di Mercedes, Lewis Hamilton Resmi Hengkang ke Ferrari

Lewis Hamilton dipastikan pindah dari Mercedes ke tim Ferrari untuk musim 2025 Formula One (F1). 

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2024