Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2018, Kuncinya Analisa

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • MotoGP Pics

VIVA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2018. Dia memastikannya saat turun balapan di MotoGP Jepang, Minggu 21 Oktober 2018.

Martin Dekati Bagnaia di Klasemen MotoGP 2023, Jadi Ancaman Serius Juara Dunia

Mengaspal di Sirkuit Motegi, Marquez terlibat persaingan sengit dengan andalan Ducati, Andrea Dovizioso. Sejak putaran pertama, pembalap berjuluk The Baby Alien sudah harus memperhitungkan strategi.

Hingga akhirnya dia bisa bernafas lega. Dovizioso yang menguntitnya di posisi kedua tiba-tiba terjatuh hingga keluar lintasan.

Jorge Martin Juara MotoGP Jepang 2023, Marc Marquez Kembali ke Podium

"Saya merasa sangat bahagia. Balapan berlangsung seperti yang ada dalam pikiran saya. Kemarin, setelah kualifikasi, saya menganalisa dan memahami," ujar Marquez, dikutip dari Crash.

"Saya tahu kecepatan waktu FP4 sangat bagus, dan dalam pemanasan saya memutuskan untuk menggunakan ban jenis apa. Kami melihat punya kecepatan yang sama dengan Dovizioso," imbuhnya.

Jorge Martin Juara Sprint Race Jepang, Persaingan Juara MotoGP 2023 Makin Ketat

Marquez melakukan analisa mendalam terkait strategi dan kemampuan Dovizioso dengan sangat hati-hati. Memulai lomba dari urutan keenam, posisinya untuk menjadi juara di Jepang amat kecil.

Karena itulah, sejak akan memulai balapan dia bertekad untuk tampil sempurna. Jika di lap pertama bisa baik, dia merasa bisa bersaing dengan Dovizioso yang memulai lomba dari urutan terdepan.

"Saya memulai balapan dari posisi keenam, dan saya katakan pada diri sendiri bahwa harus tampil sempurna di putaran awal. Benar saja saya bisa berada di belakang Dovizioso," ujar Marquez.

"Setelah itu saya menganalisa. Saya melihat ada peluang untuk bertarung dengan Dovizioso sampai putaran terakhir," tuturnya.

Hasil yang didapat Marquez benar-benar memuaskan. Total dia sudah mengoleksi lima gelar juara dunia MotoGP. Ditambah dua gelar dari kelas 125cc dan 250cc. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya