Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP, Marc Marquez Andalkan Pengalaman

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • Twitter.com/motogp

VIVA – Di usia baru 25 tahun, Marc Marquez sudah berhasil mendapatkan gelar juara dunia MotoGP kelima sepanjang karier. Yang teranyar, dia dapat saat turun balapan dalam MotoGP 2018 di Sirkuit Motegi, Minggu 21 Oktober 2018.

Gagal Naik Podium di Qatar, Marc Marquez Siap Ngebut di Mandalika

Pencapaian Marquez ini menjadi penanda dia adalah pembalap penguasa MotoGP. Bagaimana tidak, dalam tiga musim terakhir dia selalu menjadi juara.

Pada balapan di Sirkuit Motegi, Marquez memulainya dari urutan keenam. Namun, dia berhasil tampil gemilang, dan memastikan finis pertama usai bersaing ketat dengan andalan Ducati, Andrea Dovizioso.

MotoGP Mandalika, Jokowi dan Marc Marquez Cs Bakal Geber Motor Bareng

Marquez dan Dovizioso berulang kali saling menyalip. Penonton pun dibuat tegang ketika motor yang ditunggangi The Baby Alien --julukan Marquez-- sempat keluar lintasan.

"Saya coba menyerang ketika balapan tersisa sembilan atau sepuluh putaran, dan saya sempat membuat kesalahan kecil, kemudian Dovizioso menyalip saya lagi," ujar Marquez, dikutip dari Crash.

Pol Espargaro: Honda Bukan Cuma Marc Marquez!

Karena persaingan ketat dengan Dovizioso tak cuma sekali ini dialami, Marquez pun belajar. Memori persaingan pada seri MotoGP Thailand sebelumnya coba dia gunakan.

ketika itu, balapan berakhir dramatis karena Marquez menyalip Dovizioso pada tikungan terakhir. Dia unggul tipis ketika menjejak garis finis.

"Strategi yang saya gunakan sama seperti di Thailand, karena saya melihat dia memiliki kesempatan untuk menang. Dia lebih cepat pada akselerasi," imbuhnya.

Beruntungnya Marquez, saat persaingan ketat, Dovizioso membuat kesalahan. Pembalap asal Italia tersebut terjatuh sehingga tertinggal sangat jauh. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya