Kuartet Pembalap Berangkat ke Italia

VIVAnews - Dalam kondisi krisis keuangan, Indonesia kembali mengirimkan empat duta balap terbaiknya ke ajang Rotax Max Challenge, di La Conca, Muro Leccesse, Italia. Balap Karting ini akan berlangsung 25-30 November 2008.

Empat pembalap tersebut adalah Rio Haryanto, Silvano Christian, Alexandra Asmasoebrata dan Eris Mahpud. Mereka akan tampil dalam tiga kelas berbeda, yaitu Junior Rotax Max, Senior Rotax Max dan Master Rotax Max.

"Di tengah krisis, kita harus mengapresiasi para pembalap seperti ini," ujar Ketua Pengurus Pusat (PP) Ikatan Mobil Indonesia (IMI), Juliari Batubara, dalam jumpa pers di kantor pusat IMI, Senayan, Jakarta, 21 November 2008.

Secara fisik dan mental, kontingen Merah Putih dinilai sudah siap. Apalagi, mereka digembleng habis selama dua pekan oleh pelatih Didi Soekarja.

Pria yang pernah memoles Rio, Alexandra dan Eris itu, mewajibkan anak didiknya memutari sirkuit 100 kali (laps) per hari plus latihan cardio. Namun, Didi menilai masih banyak kendala yang pasti mereka hadapi di Italia nanti.

"Soal sirkuit, karakternya berbeda karena banyak karet di aspal," ujar Didi pada wartawan. "Kendala lain adalah suhu udara. Sekarang saja suhu di sana sudah mencapai 10 derajat celcius."

Rotax Max Challenge merupakan kejuaraan karting yang diikuti juara tiap negara. Mereka dikirim ke ajang ini untuk membuktikan yang terbaik.

Saat ini jumlah peserta mencapai 72 pembalap. Namun, dalam sesi penyisihan nanti hanya ada 34 pembalap yang masuk babak final.

Yang membuat Rotax Max Challenge berbeda adalah tiap peserta hanya bermodalkan helm dan fisik prima. Sedangkan mobil, mesin dan ban, disediakan oleh panitia. Nantinya, setiap pembalap akan diundi untuk mendapatkan satu mobil balapan. Peserta tidak diperbolehkan mengutak-atik spesifikasi yang ada.

Ini juga yang dinilai sebagai faktor eksternal oleh tim Merah Putih. "Susah juga kalau pembalap kita sudah bagus, tapi dapat mesin yang sedikit bermasalah. Bisa saja kita kalah. Maka itu, kita semua minta doa dan dukungannya agar semua lancar di sana," ujar pimpinan kontingen Indonesia, Oke Junjunan.

Kontingen Indonesia akan memberangkatkan empat pembalap, empat mekanik ditambah mekanik dari Malaysia serta empat ofisial. Tim Merah Putih akan berangkat ke Italia, Sabtu, 22 November 2008.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan
Sidang Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2024 di MK, Anies-Muhaimin

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Anies Baswedan mengatakan ada peluang Prabowo Subianto mengundang dirinya untuk melakukan pertemuan usai putusan MK karena sebetulnya hanya lawan dalam pemilu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024