Yang Unik di Formula E Arab Saudi

Mobil Formula E
Sumber :
  • formulaspy.com

VIVA – Digelarnya seri pembuka balap mobil listrik Formula E di Sirkuit Ad Diriyah ePrix, Riyadh, Arab Saudi, Sabtu 15 Desember 2018 ternyata mengundang perhatian banyak pihak. 

11 Tahun di Mercedes, Lewis Hamilton Resmi Hengkang ke Ferrari

Bukan tanpa alasan, ini menjadi kali pertama, sirkuit tersebut menggelar balapan sekaligus pertama kalinya Arab Saudi ikut berpartisipasi di Formula E dari empat musim digelarnya ajang tersebut. Beberapa hal unik terjadi di sana, mulai dari hadirnya sejumlah sosok penting untuk menyaksikan langsung balapan. 

Dilansir Gulfman, balapan ini disaksikan oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad Bin Salman hingga Putra Mahkota Abu Dhabi, Shaikh Mohammad Bin Zayed Al Nahyan. 

Lewis Hamilton Ingin Tampil di F1 hingga Usia Kepala 4

Hal unik lainnya adalah ikut sertanya beberapa mantan pembalap Formula 1 di ajang ini. Mereka adalah pembalap Tim ING Renault, Nelson Piquet Jr. Sebelumnya di F1, kariernya tidak terlalu cemerlang, dia tidak pernah naik podium. 

Namun, setelah bergabung dengan Tim Panasonic Racing di Formula E, prestasinya cukup membanggakan. Di musim pertama dia meraih juara pertama. 

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Selanjutnya, ada Sebastian Buemi yang pernah berkompetisi di F1 pada 2009-2011 dan juga ada mantan pembalap F1 dari Tim Virgin Racing, Lucas di Grassi. Dan yang paling menarik adalah mantan pembalap F1 di Tim Ferrari, Felippe Massa. 

Dalam seri pembuka di Sirkuit Ad Diriyah Riyadh, pembalap BMW Andrettu Autosport, Antonio Felix da Costa keluar sebagai juara. Dia menorehkan waktu 46 menit 29,377 detik.

Sementara itu, pembalap dari Tim DS Techeetah, Jules Eric Vergen menempati posisi kedua dan di posisi ketiga dihuni Jerome d'Ambrosio dari Mahindra Racing. 

Formula E atau Formula Electric adalah ajang balap mobil listrik yang sudah berlangsung sejak 2014. Tahun ini menjadi musim kelimanya. Di musim ini, Formula E menggelar 13 seri balapan. Yang dimulai di Ad Diriyah ePrix (15 Desember 2018) dan akan diakhiri di New York City ePrix (14 Juli 2019).

Di seri pembuka ini, diikuti 22 pembalap yang mewakili 11 tim dari 11 negara. Yaitu Jerman, Inggris, Belanda, Selandia Baru, Belgia, Prancis, Brasil, Portugal, Thailand, Argentina, dan Swiss. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya