Indonesia Resmi Gelar MotoGP dan World Superbike 2021

Balapan MotoGP
Sumber :
  • twitter.com/yamahamotogp

VIVA - Dorna selaku promotor ajang balap motor bergengsi dunia akhirnya resmi mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Tak hanya itu, Indonesia juga akan menggelar kejuaraan World Superbike (WSBK).

Toprak Rayakan Podium Ke-100 Sepanjang Kariernya di WSBK

Sebelumnya, Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menjalin kesepakatan untuk menggelar dua kejuaraan itu di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019. Indonesia bakal menggelar MotoGP dan WSBK di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

ITDC kabarnya akan membangun sirkuit balapan dengan konsep jalan raya, seperti balapan Formula 1 di GP Singapura dan Monako. Nantinya, sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan.

Momen-momen yang Bikin Valentino Rossi Yakin Pensiun dari MotoGP

"Ini akan menjadi sebuah rencana yang unik. Memiliki sirkuit urban dan kelas dunia di negara dengan fans MotoGP yang sangat besar," ujar Chief Executive Officer (CEO) Dorna, Carmelo Ezpeleta, di situs resmi MotoGP.

"Indonesia adalah kunci bagi pemasaran kami menilik dari persentase fans olahraga otomotif yang sangat tinggi di sana. Atmosfer MotoGP akan semakin kental di sana ketika sirkuit sudah selesai dibangun," ujarnya.

Jajal MotoGP, Toprak Tak Goyah dari Superbike

Ezpeleta menilai adanya WSBK juga akan membuat tontonan lebih menarik. Warga Lombok bakal disuguhi dua ajang kelas dunia di area yang sama.

"Kami sangat antusias bisa bermitra dengan Dorna dan bahagia sekali bisa membawa kejuaraan-kejuaraan balap motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok secara bersamaan," ujar CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer, memberikan tanggapan. (art)

WSBK Mandalika 2023

Mandalika Hilang dari Kalender WSBK Musim Depan

Padahal sejak 2021, WSBK selalu digelar di sirkuit Mandalika.

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2023