Ingin Buat Balapan Semakin Seru, F1 Akan Terapkan Aturan Baru

F1 GP Amerika 2018
Sumber :
  • Twitter/@F1

VIVA – Balapan Formula (F1) pada musim 2019 akan menerapkan peraturan baru. Yaitu pembalap akan mendapatkan poin jika ia berhasil meraih lap tercepat (fastest lap). 

Charles Leclerc Raih Podium Tertinggi di F1 GP Australia

Dikutip dari BBC, langkah tersebut diambil untuk membuat balapan F1 lebih menarik dan untuk meningkatkan jumlah penonton. Diharapkan aturan baru tersebut akan mendapatkan persetujuan sebelum pembukaan GP F1 di Australia akhir pekan depan. 

Langkah tersebut sebenarnya sudah disetujui oleh FIA. Namun masih harus menanti persetujuan dari F1, Komisi F1 kemudian dari perwakilan tim dan juga sponsor. 

Jadwal F1 GP Australia, Verstappen Waspadai Trek Baru Albert Park

Pembalap yang meraih poin dalam lap tercepat, juga harus finis di 10 besar. Aturan terkait dengan pemberian poin kepada peraih lap tercepat pernah diberlakukan pada tahun 1950-1959 atau 10 tahun pertama F1. 

Ide pemberian poin tersebut dilakukan setelah bos dari F1 melakukan survei kepada para penggemar jet darat tersebut. Survei itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. 

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Ide tersebut diharapkan akan membuat persaingan di F1 semakin menarik apalagi jelang akhir balapan. 

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen

Penuh Insiden, Max Verstappen Juara F1 GP Australia 2023

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen dinobatkan sebagai pemenang F1 GP Australia yang berlangsung penuh drama pada Minggu 2 April 2023.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2023