3 Pembalap Indonesia Tanpa Target Tinggi di MXGP Palembang

Sirkuit MXGP di Kompleks OPI Mall Palembang
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana (5-7-19)

VIVA – Tiga pembalap Indonesia ambil bagian pada kejuaraan dunia Motocross Grand Prix atau MXGP di Kompleks OPI Mall Palembang, Sumatera Selatan, 6-7 Juli 2019. Sebagai tuan rumah, crosser Indonesia mendapat keistimewaan tampil di MXGP dengan status wild card.

Sirkuit MXGP di Sumbawa Tidak Kalah Keren dengan Mandalika

"Untuk MXGP di Palembang ada tiga crosser kita yang akan tampil. Di MXGP kita ada Farhan Hendro dan Aldi Lazaroni. Sementara di MX2 yang akan turun ialah Delvintor Alfarizi," ungkap Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI), Jeffrey JP, di Palembang, Jumat 5 Juli 2019.

Selain mendapatkan wild card, ketiga pembalap Indonesia itu bisa berpartisipasi di MXGP karena sudah memiliki lisensi dari Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

NTB Gelar Ajang Balap Dunia MXGP Tahun Depan

Meskipun demikian, keikutsertaan mereka tidak dibebani target tinggi. Mengingat kejuaraan yang berlangsung memiliki level yang tinggi dan diikuti banyak berpengalaman dunia, baik di MXGP maupun MX2, maka ketiganya tidak diwajibkan untuk mengukir prestasi.

Menurut Jeffrey, pihaknya sadar betul akan perbedaan level kualitas dan pengalaman crosser Tanah Air dengan peserta dari luar. Sehingga, keikutsertaan kali ini lebih untuk menambah pengalaman bertanding.

Insiden Mengerikan di MXGP: Jatuh saat Manuver, Cedera Otak dan Koma

"Kita tidak usah muluk-muluk, MXGP ini ajang untuk menambah pengalaman saja. Karena yang kita hadapi ini crosser-crosser profesional dan para juara dunia," terangnya.

"Harapan kita agar mereka bisa menyelesaikan putaran dan meningkatkan kemampuan di trek berkapasitas dunia. Ya, harus lebih baik dari MXGP sebelumnya di Pangkal Pinang dan Semarang," Jeffrey menambahkan.

Jeffrey mengungkapkan, pada ajang MXGP di Palembang terdapat 41 peserta yang terdiri dari 18 negara. 20 pembalap bertarung di MXGP dan 21 lainnya di MX2.

Dari segi persiapan, dia juga memastikan sudah 100 persen. Sirkuit OPI Mall yang merupakan trek baru dengan luas 5 hektare, panjang 1,6 kilometer dan memiliki 11 tikungan ini sudah bisa dijajal para pembalap. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya