Logo BBC

Kabut Asap Mengusik Balapan F1 Singapura

- AFP
- AFP
Sumber :
  • bbc

Ajang balap F1 kembali digelar di sirkuit Singapura akhir pekan ini - tepat ketika kualitas udara di kota itu mencapai taraf terburuk dalam tiga tahun terakhir.

Kabut asap yang melanda Singapura disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan di Indonesia dan Malaysia, yang telah menjadi agenda tahunan di kawasan itu.

Jadi saat Singapura bersiap-siap untuk kemewahan F1, langit biru yang biasanya cerah telah berubah menjadi abu-abu berkabut dan pucat.

Cakrawala kota diselimuti kabut - dan udara, yang secara resmi digolongkaan tidak sehat membawa serta bau terbakar.

Namun para pejabat Singapura dan F1 melakukan yang terbaik untuk meyakinkan para penggemar bahwa aman untuk datang dalam kondisi ini - dan balapan tetap berjalan.

Bagaimana dampak kabut asap terhadap balapan ?

Balapan pada malam hari di Singapura dianggap sebagai acara paling merepotkan musim ini. Jika kabut tetap ada, dan jarak pandangnya rendah, segalanya akan menjadi lebih sulit.

"Ini bukan hanya pertimbangan keselamatan bagi pengemudi," kata pakar meteorologi Profesor Koh Tieh Yong dari Singapore University of Social Sciences kepada BBC.

"Ini juga tentang apakah mereka dapat melakukan yang terbaik. Karena kendaraan berjalan sangat cepat, para pembalap harus melihat jauh ke depan. Jadi bagi para pembalap, visibilitas akan menjadi faktor yang lebih besar daripada bagi para penonton.