Bocah Tasik Naik Podium di Balap Motor Jepang

Pembalap Afridza Munandar (nomor 4).
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Asia Talent Cup seri ke-5 sedang digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Ajang balap tingkat Asia ini diikuti oleh beberapa pembalap asal Indonesia.

Pembalap Astra Honda Racing Team Raih Podium di ARRC Buriram

Salah satunya adalah Afridza Munandar. Pemuda kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat 20 tahun lalu itu saat ini menempati urutan kedua klasemen ATC, dan bergabung membela tim Astra Honda Racing Team.

Pada sesi pertama balap yang berlangsung hari ini, Sabtu 19 Oktober 2019, Afridza memulai balapan dari posisi lima. Saat melalui tikungan pertama, ada beberapa pembalap yang terjatuh, salah satunya Adenanta Putra asal Magetan, Jawa Timur.

11 Pembalap Muda AHM Siap Bersaing di Kancah Internasional

Keinginan Adenanta untuk menambah poin harus pupus. Untungnya, posisi Adenanta tidak bergeser dari peringkat empat klasemen sementara.

Jalannya lomba berlangsung sengit. Pembalap asal Jepang, Sho Nishimura saling salip dengan pemuda asal Malaysia, Syarifuddin Azman. Sementara, Afridza tercecer ke urutan delapan.

Kejurnas Balap Motor Mandalika Racing Series 2024 Digelar 5 Seri

Perlahan namun pasti, pemuda yang kini bermukim di Bogor itu menyalip satu per satu lawan di depannya. a sempat menepati urutan terdepan, namun jalannya lomba kemudian diambil alih oleh pembalap asal Jepang lain, Takuma Matsuyama.

Keempat pembalap itu saling adu kelihaian, memutari sirkuit sebanyak 15 putaran. Hampir setiap tikungan terjadi aksi saling susul. Namun, kemudian Amzan melakukan kesalahan dan turun beberapa peringkat.

Afridza semakin agresif memacu motor Honda 250cc yang ia tunggangi. Nishimura yang membuntutinya, mengalami selip dan terjatuh. Padahal, saat itu ia menempati posisi dua klasemen sementara.

Akhirnya, Matsuyama melewati garis finis, disusul oleh Afridza dan Amzan. Dengan hasil tersebut, maka Afridza naik ke posisi dua klasemen, sementara Nishimura turun satu peringkat. Matsuyama unggul dengan 158 poin.

Balap sesi kedua akan digelar besok, Minggu pagi 20 Oktober 2019, mulai pukul 08.30 WIB. Setelah Motegi, balapan akan dilanjutkan ke seri terakhir, yakni di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 1-3 November 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya