Kabel Rem, Penyebab Leher Pedrosa Patah

Dani Pedrosa dengan Honda RC212V
Sumber :
  • http://moto.gpupdate.net

VIVAnews - Tim Repsol Honda telah mengurai penyebab kecelakaan fatal yang menimpa pembalapnya, Dani Pedrosa di sesi latihan bebas (free practice) 1 MotoGP Jepang.

Ternyata, problem rem menjadi penyebab itu semua. Pedrosa pun harus mengalami patah leher dan hampir pasti mengakhiri mimpinya menjadi juara dunia MotoGP 2010.

Pedrosa jatuh dari motor RC212V hanya lima menit setelah berada di lintasan sirkuit Motegi, Jumat pagi 1 Oktober 2010. Saat pembalap Spanyol ini coba mengeram di tikungan 9, ia kehilangan kontrol dan jatuh.

Kaki kiri Pedrosa jatuh terlebih dahulu, lalu tertimpa motor yang menuju gravel. Tapi, justru bahunya yang mengalami cedera parah ke arah leher.

“Ini kecelakaan aneh di lap 2, justru di bagian lintasan pelan," kata Pedrosa seperti dilansir Crash. "Saya coba mengerem motor seperti biasa, tapi saya tahu ada sesuatu yang salah dan saya tak bisa menghindar untuk terjatuh."

Kubu Honda telah mengonfirmasi penyebab kecelakaan itu. Kabel rem sempat lepas, meski diklaim telah diperbaiki.

"Problem kecil dengan kabel rem membuat Pedrosa tak bisa menghentikan rem. Padahal, problem ini telah diinvestigasi dan diperbaiki," kata Repsol Honda dalam rilisnya.

Operasi

Pedrosa mengalami patah 3 tulang leher kirinya setelah mencium aspal. Pembalap 25 tahun ini dijadwalkan akan pulang ke kampung halamannya di Spanyol untuk menjalani perawatan.

"Setelah kecelakaan, saya tahu mengalami cedera karena sangat nyeri," lanjut Pedrosa yang dibawa ke luar lintasan dengan ditandu ini. "Engkel kaki kiri saya sakit, juga leher saya setelah jatuh ke aspal. Sungguh disayangkan ini terjadi di saat kami mencatat waktu bagus."

"Saya sangat sehat selama pramusim dan tahun ini. Kami telah bekerja keras untuk mencapai level maksimal musim ini," tuturnya.

"Dokter telah memeriksa saya dan memutuskan saya harus pulang ke Spanyol untuk menjalani operasi. Saya berharap operasinya berjalan lancar dan saya segara bisa kembali membalap,” lanjutnya.

Dengan MotoGP menyisakan lima seri, Pedrosa tertinggal 56 poin dibanding pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo yang memimpin klasemen sementara pembalap. Lorenzo bisa menjadi juara dunia di GP Malaysia, pekan depan.

Dan jika Pedrosa absen di tiga seri, Lorenzo akan menjadi juara dunia tanpa harus mencetak poin. Pedrosa tampil terbaik di MotoGP musim ini dengan empat kali menjadi juara GP. Ia unggul 73 poin dari posisi 3, Casey Stoner
(Ducati).

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024