F1 GP Malaysia Jadi Ajang Drag Race

Sirkuit Sepang
Sumber :
  • AP Photo/Melvin Foo

VIVAnews - Grand Prix Malaysia di Sirkuit Sepang, 10 April 2011, sepertinya akan menjadi arena duel adu cepat (drag race) antar pembalap Formula 1.

Balapan di sirkuit ini dinilai beberapa pembalap sebagai saat yang tepat untuk memanfaatkan regulasi baru penerapan sayap belakang. Sayap belakang yang fleksibel tersebut memang dirancang agar memudahkan pembalap untuk menyalip.

Pada GP pembuka di Australia, sirkuit Albert Park dinilai tidak mendukung karena lintasan lurusnya hanya sedikit dan pendek. Sedangkan di Sepang, ada dua lintasan lurus yang cukup panjang sehingga balapan akan terasa semakin seru.

Meskipun demikian, pembalap tentu harus lebih cermat dalam menggunakan sayap fleksibel ini. Tombol buka tutup sayap saat belok dan lurus akan memecah konsentrasi pembalap di Sepang nanti.

Peraturan Drag Reduction System (DRS) yang telah ditetapkan Kamis kemarin juga membuat pembalap harus semakin fokus karena peluang untuk menyalip akan lebih sering terjadi. Selain itu, di area DRS ini, pembalap harus berada
satu detik di depan pembalap lainnya untuk mengaktifkan (membuka) sayap. 

Saat itu (setelah diaktifkan) sayap akan terbuka dan membuat mobil lebih cepat sehingga memperbesar kesempatan menyalip. Sayap akan menutup kembali setelah pembalap mengerem.

"Saya hampir melewati Fernando Alonso beberapa kali di Australia dan sempat sekali mendekati Lewis Hamilton di lap ketiga," papar pembalap Red Bull, Mark Webber, yang finis kelima, seperti dilansir Daily News. "Salah satu pembalap yang ingin lebih saya tekan adalah Fernando."

Pembalap Australia itu mengaku tetap harus konsentrasi agar bisa lebih cepat. Ia pun yakin di Malaysia nanti ceritanya akan beda. Pembalap lain yang juga waspada dengan penerapan DRS yaitu Jenson Button. Pembalap McLaren yang mendapat penalti saat melewati Felipe Massa (Ferrari) secara ilegal di Melbourne itu merasa harus lebih fokus di Sepang.

"Sepang adalah sirkuit yang bisa membuat kita terbawa dalam persaingan sengit dengan yang lain," ujar Button.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini
Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024