Vettel Lega Bisa Juarai GP Spanyol

Sebastian Vettel
Sumber :
  • AP Photo/Bela Szandelszky

VIVAnews - Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel mengaku lega bisa menjuarai GP Spanyol, Minggu, 22 Mei 2011. Menurutnya, persaingan pada balapan yang digelar di Sirkuit Catalunya tersebut sangat sulit.

Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia

Bagi Vettel ini merupakan gelar keempat yang diraihnya sepanjang musim ini. Dengan koleksi 41 poin dari lima seri yang sudah digelar, juara bertahan itu masih kokoh di puncak klasemen. "Balapan hari ini sangat sulit sekali," kata Vettel kepada crash.net, usai balapan, Minggu, 22 Mei 2011 WIB.

"Di awal lomba saya pikir saya melakukan start dengan baik. Saya tidak habis pikir dari mana Fernando datang. Dia start di belakang saya, dan saat memasuki trek lurus dia sudah berada persis di sebela saya," lanjut Vettel.

"Dia memilih berada di bagian dalam Mark (Webber) dan saya di bagian luar, jadi dia bisa memimpin setelah tikungan pertama. Kami tidak bisa mendekat dengan DRS, namun kami bisa mendapatkannya saat masuk pit stop," beber Vettel.

Setelah berhasil melewati Alonso, Vettel mengaku perjuangannya bukannya semakin ringan. Pasalnya, tekanan lebih berat kembali datang dari pembalap McLaren, Lewis Hamilton yang mengusung strategi berbeda pada race ini.

"Di awal lomba, banyak yang sudah masuk pit, sehingga setengah dari balapan sudah menggunakan ban keras. Di sanalah McLaren terlihat cukup tangguh: mereka menggunakan strategi berbeda dan finish di posisi kedua," kata Vettel.

"Sejak saat itu aku tahu kalau itu dapat sangat dekat; memasuki lap 10 situasinya sudah sama seperti balapan di GP China," bebernya. 

Tekanan yang dirasakan Vettel semakin berat saat bannya mulai menipis. Vettel mengaku hanya bisa berharap hal yang sama juga menimpa Hamilton.

"Di trek lurus terakhir, dia sudah berada persis di spion saya, jadi saya tidak tahu apakah bisa mempertahankan posisi atau tidak," ujar Vettel.

"Jaraknya sudah sangat dekat, namun di dua lap terakhir saya bisa menguasai jalannya lomba. KERS kadang hidup kadan mati, sehingga saya harus banyak bermain-main dengan rem," lanjutnya.

"McLaren dan Lewis memberikan tekanan yang cukup berat hari ini. Sangat lega ketik Anda melewati garis finish dan saya senang bisa meraihnya."

Juru Bicara MK, Fajar Laksono.

MK Tak Pertimbangkan Amicus Curiae yang Masuk Lewat dari Tanggal 16 April 2024

MK mengaku tak mempertimbangkan amicus curiae atau sahabat pengadilan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang diajukan lebih dari tanggal 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024