MotoGP Belanda

Sirkuit Assen, 'Katedral' Balap Motor Eropa

Ben Spies saat kualifikasi di Assen
Sumber :
  • AP Photo/Peter Dejong

VIVAnews -  Tak ada balapan MotoGP lain yang digelar hari Sabtu selain MotoGP Belanda yang digelar di di TT Circuit Assen. Balapan hari Sabtu sudah menjadi tradisi sejak sirkuit ini pertama kali menggelar balapan di tahun 1925. Begitu pula di 2011. Iveco TT Assen atau MotoGP Belanda akan dimainkan pada Sabtu ini, 25 Juni 2011.
 
Di hari Minggu, penduduk lokal yang beragama Kristen berkonsentrasi untuk beribadah. Ada juga lelucon yang bilang kalau para wanita penghibur libur dari tugasnya pada hari Minggu. Sehingga tidak afdol jika usai balapan para penonton ‘nakal’ tidak ‘bertemu’ mereka.
 
Pada tahun 1925 tadi, para penggila balapan yang tergabung dalam Motorclub Assen en Omstreken menggelar Dutch TT (Tourist Trophy). Nama ‘Dutch TT’ terpatri kuat di kalangan penduduk lokal sehingga balapan MotoGP juga kerap mereka sebut demikian. Tradisi balap hari Sabtu pun dimulai. Tak hanya sekedar Sabtu, tapi juga selalu Sabtu terakhir di bulan Juni.
 
Pembalap pertama yang menjadi juara di sini adalah  Piet van Wijngaarden. Ia saat itu ngebut dengan Norton 500cc. Bicara soal yang pertama, Iron Maiden menjadi band pertama yang manggung di sirkuit ini yakni pada 16 Agustus 2008. Anda tentu bisa menerka hari apa 16 Agustus 2008 itu.
 
Sirkuit ini kemudian diperbaharui pada 1955. Sejak itu TT Circuit Assen dikenal sebagai ‘Katedral’ bagi balap motor. Kapasitas penonton di sirkuit yang punya panjang lintasan 4,5km ini bisa menampung 100 ribu orang.
 
Sirkuit ini sebenarnya dirancang khusus untuk balapan motor. Tapi lap record-nya justru dipegang oleh pembalap mobil yakni Sebastien Bourdais dengan Champ Car-nya di tahun 2007. Catatan waktunya 1 menit 18.765 detik.

Bagi pabrikan Yamaha, balapan di Assen nanti punya arti spesial. Yamaha merayakan 50 tahun partisipasinya di ajang balap Grand Prix. mereka mempertemukan secara khusus para rider MotoGP dari masa lalu dan sekarang . Acara ini juga menandai peluncuran YZR-M1 WGP 50th Anniversary Edition livery, yang akan digunakan oleh rider Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo dan Ben Spies di race TT Assen dan Laguna Seca.

Namun untuk menutup balapan di Assen, para pembalap Yamaha harus bekerja keras. Ben Spies yang akan start dari posisi kedua harus bisa memburu pembalap Gresini Honda, Marco Simoncelli, yang berhasil merebut pole position.

"Hasil kualifikasi saya yang paling bagus musim ini. Kami ingin ada di pole position tapi saat saya melakukan putaran, Loris terjatuh dan kemudian ada bendera kuning," kata Spies.

"Saya yakin untuk tampil baik di balapan nanti. Belum tahu cuaca akan seperti apa, kita lihat saja nanti."

Sedangkan sang juara bertahan Jorge Lorenzo yang ada di urutan kedua klasemen sementara start dari posisi empat di belakang Casey Stoner (Honda) yang ada di posisi ketiga.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses
Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara pada Sidang Majelis Umum PBB di New York.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Keistimewaan berupa hak veto yang dimiliki oleh lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ini memiliki dampak besar dalam keputusan penting di tingkat internasional.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024