Juara GP Eropa, Gelar Vettel ke-6 Musim Ini

Sebastian Vettel
Sumber :
  • AP Photo/Lai Seng Sin

VIVAnews - Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel memenangi balapan GP Eropa di Sirkuit Valencia, Minggu malam WIB, 26 Juni 2011. Vettel finis terdepan disusul pembalap Ferrari, Fernando Alonso dan rekan setimnya Mark Webber.

Vettel yang juga juara dunia F1 bertahan asal Jerman ini memenangi seri GP ke-6 dari delapan balapan yang telah digelar musim ini. Hebatnya, posisi terburuk pembalap 23 tahun ini adalah finis runner up dari delapan balapan musim ini.

Kemenangan ini makin mengokohkan Vettel di posisi puncak klasemen sementara pembalap. Vettel mengoleksi 186 poin, disusul oleh Jenson Button (McLaren/107), Webber (106), Lewis Hamilton (McLaren/95), Alonso (87) dan Felipe Massa (Ferrari/40)

Jalannya Lomba

Vettel yang menempati pole positions dengan mudah memimpin seusai start balapan yang digelar dalam 57 lap ini. Hanya Hamilton yang disalip Alonso dan Massa. Posisi 5 besar seusai start diisi Vettel-Webber-Alonso-Massa-Hamilton, disusul Rosberg dan Button.

Webber mencatat fastest lap di lap 6, sedangkan Vettel memperlebar jarak menjadi 2 detik. Di lap 7, giliran Vettel mencatat fastest lap.

Vettel memperlebar jarak dengan Webber sekitar 3,5 detik di lap 13. Alonso mengambil keuntungan setelah Webber masuk pit.

Di lap 14, Vettel masuk pit diikuti Alonso. Hamilton masih berada di posisi 7, di belakang Michael Schumacher. Schumi mengalami rusak sayap depan dan masuk pit di lap 16.

Publik di Sirkuit Valencia bersorak melihat jagoannya, Fernando Alonso mulai mendekati Webber di lap 19. Andalan Ferrari ini memang kian cepat.

Hamilton mencatat fastest di lap 28. Ia juga diberitahu kru McLaren di lap 30 bahwa ban depannya mulai panas.

"Saya tak bisa lebih lambat dalam kondisi seperti ini," kata Hamilton lewat radio timnya. Di lap ini, Vettel dan Button masuk pit.

Di lap 32, Button mengeluh KERS di mobilnya tak bekerja. Dan dari grafik memang mengindikasikan hal itu.

Vettel kembali mencatat fastest di lap 35 dan semakin menjauhi Webber. Temperatur di sirkuit masih panas mencapai 47 derajat celcius. Vettel makin menjauh karena kembali mencatat fastest lap di lap 37 dan 40.

Pada lap 43, Hamilton masuk pit untuk mengganti bannya yang bermasalah. Webber juga terlihat masuk pit dalam posisi agak melebar.

Alonso masuk pit di lap 45 dan berhasil ke luar di depan Webber. Sampai lap 51, Vettel sudah unggul 9 detik atas Alonso yang juga berjarak 2,5 detik dari Webber. Vettel semakin jauh dengan keunggulan 10 detik atas Alonso sampai lap 53.

Vettel tak tertahan untuk meraih juara seri ke-6 dari delapan GP musim ini. Posisi finis 6 besar berturut-turut diisi Vettel-Alonso-Webber-Hamilton-Massa-Button.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024