MotoGP Jepang Resmi Digelar 2 Oktober

MotoGP Jepang : Dani Pedrosa
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVAnews - Federasi Motor Internasional (FIM), Selasa 2 Agustus 2011, memastikan balapan MotoGP Jepang akan tetap bergulir 2 Oktober mendatang. FIM memastikan hal ini setelah menerima laporan final dari ARPA.

ARPA merupakan lembaga independen yang ditugaskan untuk melakukan investigasi radiasi nuklir di Fukushima pasca-bencana gempa dan tsunami yang menghantam Jepang. Fukushima berjarak tidak jauh dari Sirkuit Motegi yang akan menjadi venues MotoGP Jepang.

Dalam laporan sebelumnya, ARPA menegaskan risiko radiasi nuklir di Fukushima tidak terlalu besar dan memberi lampu hijau bagi MotoGP Jepang. Dan kemarin, FIM mendapatkan laporan final ARPA yang menyebutkan MotoGP Jepang aman untuk dilaksanakan.

"Seperti yang sudah diindikasikan sebelumnya, ARPA telah mengukur level radiasi dari semua sumber, termasuk udara, lingkungan dan makanan. Keputusan akhirnya adalah 'berdasarkan dosis radiasi, bisa dikatakan tidak diragukan lagi risiko radiasi saat balapan berlangsung tidaklah berarti'," demikian pernyataan resmi FIM.

"Investigasi independen ini khusus untuk situasi di Motegi dan dan lingkungan sekitarnya, membuat pergelaran MotoGP semakin relevan di sana."

Dalam laporan final, ARPA menegaskan pihaknya mengambil 100 sample radiasi untuk mengukur level radiasi. Penelitian itu dilakukan selama seminggu, dan dipastikan semuanya normal.

Belum ada respon dari tim-tim maupun pembalap MotoGP atas keputusan FIM tersebut. Namun sebelumnya, rider Repsol Honda Casey Stoner menegaskan dirinya tidak akan tampil di Jepang. Meski investigasi ARPA mengatakan aman, Stoner mengaku tidak akan mengubah keputusannya.

Balapan MotoGP Jepang harusnya menjadi seri ketiga dalam kalander MotoGP 2011 atau pada 24 April lalu. Namun, balapan ditunda hingga 2 Oktober menyusul bencana gempa dan tsunami yang menimpa negara tersebut. (eh)

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024