Simonceli Tewas

Jejak Simoncelli Dunia Balap

Marco Simoncelli raih podium kedua di MotoGP Australia
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Munoz

VIVAnews - Kabar duka datang dari ajang balap. Kali ini yang menjadi korban ganasnya sirkuit ialah rider MotoGP yang membela tim Honda Gresini, Marco Simoncelli. Simoncelli meninggal setelah mengalami kecelakaan serius di seri MotoGP Malaysia 2011 di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Minggu, 23 Oktober 2011. 

Dia terjatuh ketika beradu kencang dengan Alvaro Bautista untuk memperebutkan posisi empat. Tubuhnya kemudian terlindas oleh Colin Edwards.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Kabar kematian Simoncelli sontak mengejutkan penggemar balap. Meski kecelakaan memang sesuatu yang akrab bagi pembalap kelahiran Cattolica, Italia, 24 tahun lalu itu. Pasalnya ia kerap menampilkan aksi berbahaya kala berusaha menyalip lawan di depannya.

Sepanjang keikutsertaannya di MotoGP World Championship, beberapa kali Simoncelli mengalami kecelakaan di tengah laga. Gaya balapan Simoncelli memang dikenal flamboyan, sejumlah orang menyebutnya "urakan".

Simoncelli memulai karir di tahun 2002 di kelas 125 World Championship. Sepanjang empat tahun berlaga di kelas ini, pembalap yang bergabung di tim Aprilia ini sukses menang sebanyak tiga kali dan tujuh kali naik podium dari 50 kali tampil.

Pada tahun 2006, Pembalap yang akrab disapa Super Sic ini naik kelas ke 250 World Championship. Bersama tim Gilera, sepanjang keikutsertaannya di kelas ini, Simoncelli berhasil memenangi 12 laga dan 22 podium dari 64 serie yang diikutinya.

Simoncelli berhasil menjuarai 250 World Championship pada musim 2008 dengan memetik 280 poin. Di musim itu, ia mampu memenangi 6 seri balapan. Namun sayangnya, di musim selanjutnya, ia tidak dapat mengulangi suksesnya. Simoncelli harus puas berada di urutan ketiga klasemen akhir 2009.

Meski demikian, kepiawiannya mengendarai 'kuda besi,' membuat Honda tertarik kepadanya. Simoncelli pun naik kasta pada 2010 dengan bermain di kelas MotoGP World Championship bersama Honda. Di musim pertamanya, Simoncelli hanya mampu berada di posisi ke delapan dengan perolehan 125 poin.

Sementara itu, di musim ini sendiri, posisi Simoncelli masih terpaku di posisi keenam dengan perolehan dua kali menaiki podium dari 16 laga musim ini.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang
WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan Filter Chat agar pengguna dapat menemukan pesan tanpa harus menelusuri seluruh kotak masuk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024