Keponakan Ayrton Senna Gabung Williams

Bruno Senna
Sumber :
  • Ultimacurva.com

VIVAnews - Bruno Senna akhirnya resmi bergabung dengan tim Williams di musim balapan F1 2012. Keponakan Ayrton Senna ini akan menjadi rekan satu tim Pastor Maldonado yang sudah lebih dulu bergabung dengan tim yang bermarkas di Grove tersebut.

"Saya merasa sangat istimewa karena Williams telah memilih saya sebagai salah satu pembalap mereka. Tim ini memiliki warisan yang besar dan saya berharap bisa membantu mereka membuat sejarah baru," ujar Senna seperti dilansir dari situs resmi Williams.

Bruno mengikuti jejak sang paman, Aryton Senna yang juga membela Williams sampai maut menewaskannya di Sirkuit Imola pada 1994.

"Ini akan menjadi hal yang menarik bagi saya. Karena saya memakai mobil balap yang dulu juga dikendarai oleh paman saya. Beberapa orang di sini (Williams F1) juga pernah bekerja sama dengan paman saya. Saya harap bisa membawa kembali kenangan manis yang pernah ia berikan dan tentunya membuat kenangan baru yang tidak kalah indah," tambah Senna.

Bos Williams F1, Frank Williams juga mengutarakan pendapatnya soal perekrutan keponakan Aryton Senna tersebut. Menurutnya, Bruno menunjukkan performa yang sangat luar biasa meskipun baru memiliki sedikit pengalaman di balap Formula 1.

"Bruno memang baru memulai karirnya sebagai pembalap di usia 20. Usia yang bisa dibilang telat di dunia balap. Tapi, ia dengan cepat membuktikan bakatnya di F3 dan GP2," ujar Frank Williams.

Perkataan Williams bukanlah basa basi. Pada 2008, Bruno memulai karir di GP2 dan GP2 Asia. Dan di tahun pertamanya di GP2, ia berhasil meraih dua kemenangan di Monaco dan Melbourne sehingga finis runner-up klasemen akhir dengan 64 angka. Sementara di GP2 Asia, ia mampu dua kali finis podium yaitu saat di Dubai dan di Indonesia, dan berada di peringkat 5 klasemen dengan 23 angka.

Bruno akan memulai debutnya di balik kokpit Williams di Sirkuit Jerez untuk tes pertama di musim dingin pada 9 Februari 2012. Sebelum bergabung Williams, ia pernah membalap untuk tim Hispania Racing di musim balap 2010 sebelum digantikan oleh pembalap Jepang, Sakon Yamamoto.

Dan di musim 2011, ia harus bersaing dengan Nick Heidfeld untuk mendapatkan satu kursi di tim Lotus Renault untuk menggantikan Robert Kubica. Meskipun akhirnya kalah dengan Heidfeld, tapi beberapa saat sebelum GP Belgia dimulai, Lotus mengumumkan Senna akan menggantikan Heidfeld selama sisa musim balap 2011.

Sementara itu, dengan masuknya Senna, berarti menutup kemungkinan Rubens Barrichello kembali membalap dengan tim sembilan kali juara konstruktor itu. Sebelumnya, Barrichello berharap akan kembali membalap dengan Williams. Jika absen, itu menjadi pertama kali bagi Barrichello sejak debutnya di F1, 20 tahun silam. (irb)

Ekonomi Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen di Tengah Gejolak Global, Sri Mulyani: APBN Jaga Daya Beli
Honda Pop 110i ES 2024

Honda Luncurkan Motor Perpaduan Bebek dan Adventure, Harga Rp30 Jutaan

Produsen roda dua, Honda meluncurkan motor terbaru, Honda Pop 110i ES dengan desain yang unik, yaitu adanya perpaduan antara bebek dan motor adventure.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024