Chili Siap Bangun Trek MotoGP

Ben Spies (Yamaha/11) memimpin balapan MotoGP Aragon
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAnews - Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP, dari tahun ke tahun, menjadi magnet bagi Chili untuk menawarkan diri sebagai tuan rumah. Negara Amerika Selatan itu menyatakan siap membangun trek balap motor paling bergengsi tersebut.

Seperti dikutip dari Crash, Jumat 27 Januari 2012, juara dunia 500cc 1993 Kevin Schwantz terlibat dalam pengajuan proposal Chili kepada FIA dan FIM. Rencananya, lintasan MotoGP itu akan dibangun di atas lahan seluas 180 hektar, ditambah sirkuit motocross dan gokart.

Sirkuit, yang berjarak 30 km dari Ibukota Chili, Santiago, itu dirancang oleh desainer ternama, Hermann Tilke. Pembangunan sirkuit yang rencananya memakan waktu 18 bulan itu masih menunggu persetujuan Badan Dampak Lingkungan setempat.

Kemampuan Tilke sebagai perancang sirkuit tak diragukan lagi, mengingat kesuksesannya merancang sejumlah trek modern seperti di Bahrain, Buddh (India), Circuit of Americas (Austin), Istanbul Park (Turki), Korea, Sepang (Malaysia), Shanghai (China), dan Yas Marina (Abu Dhabi).

Chili bergabung dengan India dalam pengajuan proposal penyelenggaraan balapan MotoGP. Schwantz turut memberi saran dalam proses perancangan, serta negosiasi dengan pihak FIA dan FIM. Pria 47 tahun itu juga membantu kelancaran proposal pengajuan sirkuit di tanah kelahirannya, Austin, Texas, untuk meramaikan gelaran MotoGP musim 2013. (eh)

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024