Alonso: Mobil F1 Melambat, Emosi Tetap Sama

Pembalap Ferrari, Fernando Alonso
Sumber :
  • Reuters
VIVAbola - Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Ferrari, Fernando Alonso merasakan perubahan yang terjadi pada kompetisi musim 2014. Namun, emosi yang dirasakan pembalap asal Spanyol berusia 32 tahun itu tetaplah sama.
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Demi mengakhiri dominasi Red Bull dalam empat musim terakhir, FIA akhirnya menerapkan regulasi anyar pada F1 2014. Di antaranya adalah perubahan mesin dari 2,4 liter V8 menjadi mesin 1,6 liter V6. Perubahan itu pun terasa pada sesi tes Pramusim di Jerez pada 28-31 Januari 2014. 
Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

"Mobil jadi lambat. Pada 2004, saya membalap di sini dengan catatan waktu 1 menit 16 detik dan sekarang 1 menit 26 detik. Saya 10 detik lebih lambat daripada 10 tahun lalu," ujar Alonso, sebagaimana dilansir GP Update, Sabtu 1 Februari 2014.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

"Dari segi fisik, mobil-mobil ini jadi lebih mudah (untuk dikendarai). 'G-force' dan kecepatan menjadi berkurang saat di tikungan, tapi di sisi lain kami bisa lebih mengontrol. Namun, emosi yang saya rasakan masih sama," lanjut pengoleksi dua gelar juara dunia F1 itu.

Alonso juga mengatakan bahwa perbedaan mobil bukan masalah ketika berkendara. Menurutnya, sepanjang dipenuhi hasrat, membalap akan selalu terasa menyenangkan.

"Saat saya mengemudikan go-kart, mungkin saya 20 detik atau setengah menit lebih lambat daripada mobil Formula 1, tapi saya tetap berkeringat dan menikmatinya. Selama Anda membalap hingga limit, mobil tetap menyenangkan untuk dikendarai," tutur Alonso. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya