Mercedes dan McLaren Pamer Mobil F1 Terbaru

Mercedes w06
Sumber :

VIVA.co.id – Juara bertahan Formula 1 (F1), Mercedes, akhirnya memamerkan mobil terbarunya untuk musim balapan 2015 nanti. Mobil dari pabrikan Jerman itu diberi nama W06 Hybrid.

Jet darat yang akan dikemudikan Nico Rosberg dan Lewis Hamilton tersebut keluar garasi untuk kali pertama di Sirkuit Silverstone, Northamptonshire, Inggris, Kamis 29 Januari 2015 waktu setempat. Rosberg dan Hamilton akan menjalani sesi pemotretan dengan W06.

Kedua pembalap itu berhasil melahap 18 putaran dengan jarak 47 km. Sayangnya, pengambilan gambar harus dihentikan dengan cepat karena banyaknya salju yang turun ke lintasan dan cukup berisiko bila diteruskan.

"Mobil F1 W06 Hybrid, kali pertama keluar dari garasi pada pukul 13.13 petang (waktu setempat) ini pada kondisi bersalju di sirkuit di Northamptonshire," tulis pernyataan Mercedes seperti dilansir ESPN F1.

"Dengan dikendarai pertama kali oleh Nico Rosberg, kemudian digantikan Lewis Hamilton, mobil itu sudah melaju sebanyak 18 putaran (47,2 km) sebelum pengambilan gambar dihentikan karena salju dan es," lanjut pernyataan tim.

Mobil W06 masih didominasi dengan warna silver, sama seperti W05 di musim sebelumnya. Namun, ada perubahan dalam bagian hidung mobil yang lebih aerodinamis, untuk menjaga keselamatan pengendara sesuai aturan FIA.

Rencananya, mobil itu akan melakoni sesi uji coba bersama tim-tim F1 lainnya di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu 1 Februari 2015. Sesi uji coba rencananya akan berlangsung selama 4 hari.

"Cuaca kurang baik hari ini di @SilverstoneUK. Matahari, salju, matahari lagi. Jerez seharusnya lebih baik," tulis Rosberg di akun Twitter miliknya.

Era Baru McLaren

Penghuni posisi 5 klasemen musim lalu, McLaren, ikut meluncurkan mobil terbarunya yang dinamai MP4-30, Kamis 29 Januari 2015 waktu setempat.  Musim 2015 akan menjadi era baru bagi McLaren karena menggunakan mesin Honda, setelah beberapa musim sebelumnya mendapat pasokan mesin dari Mercedes.

Seperti dilaporkan ESPN F1, mobil Fernando Alonso dan Jenson Button ini memiliki fitur yang cukup elegan dengan hidung lebih lancip. McLaren mengklaim bagian belakang mobil akan lebih erat, terutama di sekitar gearbox.

Namun, masalah pendinginan masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi semua tim di bawah peraturan mesin saat ini. Sesi pemotretan dan pengambilan video telah dilakukan di Abu Dhabi, akhir tahun lalu.

"McLaren-Honda adalah kemitraan difokuskan pada kinerja, teknologi dan inovasi. Dan tidak ada contoh yang lebih baik dari itu daripada hasil yang dicapai dalam kerjasama pertama kami di tahun 1980-an dan 1990-an,” kata bos tim McLaren, Ron Dennis. (one)

Baca Juga:

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama



RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022