McLaren Beberkan Penyebab Kecelakaan Alonso di Barcelona

Fernando Alonso
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Penyebab kecelakaan Fernando Alonso pada hari terakhir tes pramusim Formula 1 (F1) di Sirkuit Catalunya, Barcelona, akhirnya terungkap. Kubu McLaren-Honda menegaskan bila kecelakaan pembalapnya tak berkaitan dengan kondisi mobil.

Diketahui, Alonso menabrak dinding pembatas sirkuit dengan kecepatan 150 mph atau sekitar 240 km/jam pada tikungan ke-3. Akibat insiden tersebut, jawara dunia F1 2 kali itu harus mendapat perawatan di rumah sakit karena

McLaren langsung melakukan penyelidikan atas insiden tersebut. Hasilnya, mereka tidak menemukan masalah mesin atau kelistrikan pada jet darat tersebut. Ternyata, Alonso mengalami ketidakstabilan saat melewati tikungan ketiga karena angin yang kencang, dan membuat mobil beputar dan menabrak.

Fernando Alonso

"Selama 24 jam, kami membawa detail analisa terhadap kerusakan mobil Fernando, dan kaitannya dengan data telemetri, demi bisa memahami sepenuhnya penyebab, atau beberapa penyebab, kecelakaan yang dialami. Bahkan pada tahap awal ini, kami sudah mampu membuat kesimpulan yang jelas,” bunyi pernyataan McLaren, yang dikutip ESPNF1.

"Mobilnya melebar di tikungan ketiga, yang mana merupakan tikungan menanjak cepat ke arah kanan. Itu membuatnya melebar ke Astroturf di sisi luar lintasan. Konsekuensi kehilangan traksi membuat ketidakseimbangan, menyebabkan bagian belakang masuk ke sisi dalam sirkuit. Sementara saat traksinya kembali didapat, itu menyebabkan dia menabrak tembok," sambung pernyataan itu.

Hasil analisa yang dilakukan oleh McLaren didukung oleh kejadian yang sama menimpa pada Lewis Hamilton dan Carlos Sainz pada tikungan tersebut. Itu membuat para pembalap yang menjalani sesi tes, sangat berhati-hati melakukan belokan di tikungan tersebut.

"Indikasinya kami temukan adalah kecelakaan ini disebabkan angin sangat kencang yang berembus di bagian sirkuit tersebut pada saat itu, dan itu juga berpengaruh sama pada pembalap lain, Carlos Sainz Jr," tuntasnya.

Sementara itu, kondisi Alonso saat ini sudah membaik. Bahkan, sang manajer Luis Garcia mengklaim bila pembalap asal Spanyol itu bisa turun di seri pembuka F1 di Grand Prix Australia pada 15 Maret mendatang. (one)

Baca Juga:

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama


RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022