GP Jerman Dicoret dari Kalender Balap F1

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton saat melakoni tes di Sirkuit Jerez
Sumber :
  • REUTERS/Marcelo del Pozo

VIVA.co.id - Gelaran Grand Prix (GP) Jerman akhirnya dicoret dari kalender balap Formula 1 (F1) musim 2015. Bos sirkuit Hockenheim, Georg Seiler, mengaku tak mampu menghadapi masalah keuangan untuk menjadi tuan rumah F1.

Bos F1, Bernie Ecclestone, sebelumnya mengumumkan bila Hockenheim akan menggelar GP Jerman pada 17-19 Juli mendatang. Sirkuit tersebut menggantikan sirkuit Nurburgring, yang tak mencapai kesepakatan soal nilai kontrak dengan F1.

Akan tetapi, Seiler mengatakan bila Hockenheim tidak mungkin untuk menggelar balapan jet darat tersebut. Sebab minimnya waktu persiapan, dan tak ada waktu untuk menjual tiket kepada para penggemar F1 di Jerman.

"Kami tidak bisa berharap lagi bahwa Formula 1 akan digelar di sirkuit ini," kata Seiler kepada koran Jerman, Bild. "Kami sudah melakukan semua yang kami bisa dalam beberapa tahun terakhir untuk membuat para penonton senang."

F1 harus segera melaporkan hal ini kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA), karena pelaporan batalnya menjadi tuan rumah harus 3 bulan sebelum jadwal pelaksanaan. Apabila tidak, maka Jerman dilarang masuk ke kalender balap di tahun berikutnya, atau minimal hingga 2017.

Dengan batalnya GP Jerman, maka balapan akan berlangsung sebanyak 19 seri saja untuk musim ini. Jerman sendiri sudah masuk menggelar balapan F1 sejak 1951 dan balapan digelar di sirkuit Hockenheim serta Nurburgring. (ren)

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

![vivamore="Baca Juga :"]


RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil
[/vivamore]
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022