Statistik Tengah Musim, Rossi Berpeluang Juara MotoGP

Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Saat ini, Valentino Rossi masih berada di puncak klasemen MotoGP hingga pertengahan musim. Kalau melihat statistik,
rider
Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez
Yamaha Movistar itu berpeluang besar untuk merebut gelar juara dunia ke-10.

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
Sejak membalap di kelas MotoGP musim 2000, Rossi berhasil merebut tujuh gelar juara dunia dalam 14 tahun terakhir. Dua gelar juara dunia lain datang dari kelas 125cc dan 250cc.

Dari tujuh gelar tersebut, pembalap Italia tersebut selalu sukses merebut juara pada akhir musim, kalau sampai sembilan balapan pertama berada di urutan teratas klasemen umum.

Rossi menjadi kampiun bersama Honda setelah mendominasi hingga tengah musim pada 2001, 2002, dan 2003. Sebelumnya, The Doctor juga sukses menjadi kampiun pada 2004, 2005, dan 2009.

Satu-satunya keberhasilan Rossi menjadi juara dunia, namun menduduki posisi dua pada tengah musim ada pada 2008. Namun, posisi kedua klasemen pembalap itu bukan jaminan karena Rossi pernah gagal pada musim 2007.

Kalau melihat statistik, Rossi berpeluang besar menjadi juara dunia 2015. Apalagi, catatan 179 poin milik Rossi saat ini lebih baik dari 2009 (176), atau penampilan terbaiknya di paruh awal musim sejak 2005.

Statistik memang memberikan sinyal positif pada Rossi. Namun, sekarang defisitnya dengan pembalap Yamaha lain, Jorge Lorenzo, hanya 13 poin. Jadi, musim 2015 ini masih panjang dan bisa terjadi perubahan di papan klasemen.

Setelah ini, balapan MotoGP akan berlanjut ke Amerika Serikat pada 9 Agustus 2015 di sirkuit Indianapolis. Sebelum kembali ke Eropa, lalu Asia, dan menutup musim di Valencia pada 8 November mendatang. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya