Vettel Lampaui Rekor Ayrton Senna, Hamilton Gigit Jari

Sebastian Vettel
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Balapan Formula 1 (F1) GP Singapura di Sirkuit Marina Bay pada Minggu 20 September 2015, menjadi seri yang paling manis bagi Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari itu berhasil melewati rekor milik legenda F1, Ayrton Senna.

Di seri ke-13 ini, Vettel yang meraih pole position berhasil memimpin jalannya balapan hingga selesai. Ini menjadi kemenangan ke-3 bagi pembalap asal Jerman tersebut, atau yang ke-42 dalam karier membalapnya di F1.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Torehan tersebut membuat Vettel melampaui rekor 41 kemenangan milik Ayrton Senna. Pole position yang didapat jawara dunia 4 kali itu juga berhasil menggagalkan peluang Lewis Hamilton untuk menyamai rekor pole position 8 kali secara beruntun milik Senna.

(Baca juga: Ferrari Dituntut Minta Maaf Atas ‘Kebrutalan’ Kru Tim)

Tambahan 25 poin dari kemenangan ini membuat raihan poin Vettel menjadi 203 poin atau hanya kalah 49 poin dari Hamilton yang berada di puncak klasemen. Vettel berharap di 6 berikutnya bisa meraih hasil positif kembali.

"Kami menuju ke arah yang benar. Kami puas dengan hasil yang didapat hari ini, puas dengan mobilnya tapi belum seperti yang kami inginkan. Dan karena masih banyak yang harus dilakukan, kami harus tetap menjejak tanah," kata Vettel seperti dikutip Crash.

Sementara itu, Hamilton malah menorehkan catatan buruk pada seri ini. Sang juara bertahan untuk kali pertama pada musim ini gagal menuntaskan balapan, karena mobil Mercedes yang dikendarainya rusak.

Tak hanya itu, misi Hamilton untuk menyamai rekor Senna juga gagal dan harus puas dengan 40 kemenangan. Meski begitu, dia tidak menyerah untuk bisa menyamai rekor kemenangan legenda balap F1 yang tewas saat balapan pada 1 Mei 1994 silam itu.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

(Baca juga: Tim-tim F1 Kaget Penonton GP Singapura Masuk Lintasan Balap)

"Tak masalah jika itu terjadi pekan ini atau sepuluh balapan dari sekarang, yang jelas jangan terlalu lama. Saya berjuang mendapatkannya. Itu hanya tinggal satu balapan lagi," ujar Hamilton dilansir Mirror.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022