Marquez Hambat Laju Rossi? Ini Bukti Statistiknya

Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id - "Saya akan melakukan hal yang kalian semua lakukan, melihat catatan waktu dari lap ke lap," itulah saran dari legenda balap 500cc, Randy Mamola, ketika berbicara usai balapan dramatis antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di Sepang.

Jadi, seperti yang dilansir dari Crash, inilah grafis catatan waktu lap per lap dari Rossi, Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo dalam balapan MotoGP Malaysia, akhir pekan lalu.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Secara kasat mata, Marquez dan Rossi memang kehilangan banyak waktu setelah pertarungan hebat mereka di lap 5 dan lap 6, sebelum sang pembalap Honda terjatuh di lap 7 usai senggolan dengan Rossi.

Tetapi, meski sudah terbebas dari gangguan Marquez,  Rossi tercatat hanya satu kali lebih cepat dari Lorenzo sepanjang sisa balapan. Bahkan, ia tidak pernah lebih cepat dari Pedrosa.

Menurut Mamola, kecepatan antara Marquez dan Rossi sebenarnya tidak pelan. Karena keduanya sama-sama mencatatkan waktu 2 menit 1,9 detik per putaran.

"Apakah Rossi bisa mendekati Jorge (tanpa bertarung dengan Marquez)? Tak ada yang tahu," tutur Mamola. "Apakah Marc coba lebih pelan di beberapa tikungan? Saya pikir tidak."
 
"Valentino jelas lebih cepat di beberapa bagian trek dan ada beberapa bagian dia tidak bisa lebih jauh (dari Marquez). Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah seperti F1, memeriksa telemetry: Apakah dia rem di zona yang sama? Apakah dia sampai menghentikan laju motor?" tambah pembalap era 1980-an itu.

Rossi sekarang akhirnya harus menerima nasib dijatuhi hukuman pada balapan pamungkas di GP Valencia dua pekan ke depan. Pembalap Italia itu harus start dari posisi buncit, membuat usahanya mengejar gelar juara dunia ke-10 semakin sulit. (one)

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016