Tampil di F1, Rio Haryanto Minta Bantuan Ahok

Rio Haryanto bertemu Ahok
Sumber :
  • Fajar Ginanjar Mukti/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Pembalap GP2 Series, Rio Haryanto menemui Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI. Hal itu dilakukan guna meminta dukungan dana agar Rio dapat berlaga di ajang balap Formula One (F1).

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Rio mengatakan, agar dapat berlaga di F1, ia membutuhkan dukungan dana sebesar 15 juta Euro. Sementara, sponsor utamanya, Pertamina, saat ini baru bisa menyediakan dukungan dana sebesar 5 juta Euro. "Jadi saya masih membutuhkan dana 10 juta Euro," ujar Rio di Balai Kota DKI, Selasa, 27 Oktober 2015.

Rio mengatakan, sebelumnya ia juga telah mengunjungi beberapa instansi pemerintah. Ia juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, untuk membicarakan kemungkinan instansi pemerintah ikut menambal kekurangan dana yang ia butuhkan.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Meski demikian, tak semua instansi pemerintah memberi konfirmasi bisa menyediakan dukungan. Rio mengaku maklum karena menurutnya, situasi perekonomian saat ini juga tengah terpuruk. "Di tengah situasi seperti ini, saya merasa agak berat mendapat dukungan," ujarnya.

Menurut Rio, Ahok, sapaan akrab Basuki, dalam salah satu pernyataannya kepada media, membuka kemungkinan bagi Pemerintah Provinsi DKI untuk bisa menjadi sponsor bagi Rio dengan kompensasi menyertakan logo pariwisata DKI Jakarta, Enjoy Jakarta, di mobil yang ia tumpangi.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Rio mengatakan bahwa kedatangannya adalah untuk meminta konfirmasi atas kemungkinan itu. Setelah bertemu, Rio mengatakan, Ahok menyatakan komitmennya untuk membantu pendanaan. Pendanaan itu bisa berasal dari anggaran pemerintah atau sumber-sumber pendanaan lain. "Pak Gubernur sangat ingin mencarikan talangan dana," ujarnya senang.

Rio berharap, upaya Ahok bisa membuahkan hasil. Pasalnya, tenggat waktu yang diberikan oleh calon timnya, Manor F1, tinggal tiga minggu lagi. Bila bisa berlaga di F1, Rio mengatakan, dirinya tentu akan membawa nama Indonesia. Sementara, bila membawa sponsor Pemerintah Provinsi DKI, pariwisata Jakarta juga akan ikut terpromosikan melalui logo di mobilnya. "Nama Indonesia akan jauh terangkat bila saya berlaga di F1."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya