Motivasi Legenda Sepakbola Italia untuk Rossi di GP Valencia

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Dukungan kepada Valentino Rossi masih terus mengalir usai insiden di MotoGP Malaysia, Minggu, 25 Oktober 2015 lalu. Kini, dukungan datang dari seorang legenda sepakbola Italia, Paolo Rossi.

Valentino Rossi memang tengah dalam posisi sulit dalam persaingan menuju gelar juara dunia, menyusul insiden “tendangan” pada Marc Marquez. Dia harus memulai balapan di GP Valencia pada 8 November mendatang dari posisi terakhir.

Pembalap asal Italia tersebut memang masih berada di puncak klasemen dan unggul 7 angka dari Jorge Lorenzo, yang berada di posisi 2. Akan tetapi, kondisi balapan di seri pamungkas nanti tidaklah menguntungkan bagi Rossi.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

[Baca juga: Dibanjiri Dukungan, Rossi Pastikan Tampil di Valencia]

Walau kans untuk bisa meraih gelar juara dunia ke-10 dalam kariernya cukup sulit, Paolo Rossi meminta pembalap berusia 36 tahun itu untuk tetap semangat di Spanyol nanti. Dia memberikan contoh kala timnas Italia berjuang di Piala Dunia 1982.

"Valentino, datangi Spanyol seperti ketika Italia datang ke sana di Piala Dunia 1982. Saat itu kami juga berangkat dari sebuah situasi buruk. Tapi jangan pernah bilang mustahil,” kata Paolo Rossi, dilansir El Mundo.

Situasi yang dialami Vale memang tidak mudah. "Tapi selama masih ada secercah harapan, segalanya masih mungkin. Valentino sekarang harus menatap ke depan. Itu bisa jadi balapan luar biasa, perlihatkan kemampuan dirimu sebagai yang terhebat di sana," ujar Paolo Rossi.

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria

[Baca juga: Serangan Verbal Rossi ke Marquez Dinilai Jadi Sumber Kisruh]

Pada Piala Dunia 1982 di Spanyol tersebut, Italia memang tengah dilanda skandal pengaturan skor di kompetisi domestiknya. Belum lagi, Gli Azzurri mengawali turnamen sepakbola terbesar di dunia tersebut dengan kurang baik.

Akan tetapi, pada akhirnya Italia keluar sebagai juara dengan mengalahkan Jerman Barat lewat skor 3-1 di final. Paolo Rossi sendiri keluar sebagai top skorer dengan torehan 6 gol untuk Gli Azzurri. (ase)

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016