Mimpi Suzuki Naik Podium MotoGp 2016

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales
Sumber :
  • Suzuki
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Bos tim MotoGP Suzuki Davide Brivio memiliki harapan yang tinggi pada 2016. Dia menetapkan tujuan untuk setidaknya satu kali naik podium, dan berada di peringkat enam secara reguler.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Suzuki disebut telah melampaui ekspektasi pada musim pertama kembali ke MotoGP. Dua pembalap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, dapat memantapkan posisi di 10 besar.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Kedua pembalap Suzuki itu memperoleh hasil terbaik finis di tempat keenam. Namun mereka masih jauh dari kemungkinan bersaing dengan pembalap dan pabrikan lain, untuk posisi yang lebih baik.


"Tentu Anda selalu membuat sasaran yang sangat ambisius," kata Brivio yang dikutip
Motor Sport
, Selasa, 17 November 2015. Dia mengakui untuk naik ke podium pada musim 2016, akan menjadi mimpi.


Sasaran yang lebih konkrit adalah menempati posisi enam besar secara regular, dan tidak hanya sesekali pada trek tertentu saja. "Ada kesempatan baik, jika semua perbaikan yang kita lakukan bekerja."


"Tapi kita baru akan mengetahuinya pada balapan pertama tahun depan," ucap Brivio. Dia mengatakan hanya masalah trek, untuk menjawab peningkatan apa yang harus dilakukan oleh timnya.


Brivio mengklaim beberapa kelemahan mereka pada mesin tidak terlalu berpengaruh dan sebenarnya dapat sangat kompetitif. "Pada beberapa trek, kekurangan mesin dapat diatasi dengan kualitas casis GSX-RR."


"Pada beberapa kasus selalu terdapat kesalahan pembalap. Di Katalunya contohnya, di mana Aleix jatuh saat berada di posisi empat. Kita semestinya bisa mendapatkan hasil yang luar biasa," ujarnya.


Satu catatan untuk musim depan, para pembalap sudah mulai sibuk beradaptasi dengan mesin baru. Tapi Suzuki memilih untuk fokus, untuk menyesuaikan pembalap mereka dengan ban Michelin.


"Kami tidak membawa hal baru, karena kami ingin bekerja melakukan penyesuaian dengan ban Michelin," kata Brivio. Dia menambahkan, pekerjaan besar Suzuki lainnya adalah menjaga pembalapnya, Maverick Vinales.


Vinalez yang mendapatkan gelar 'Rookie of the Year' musim ini, telah menjadi topik diskusi terkait debutnya. Dia diprediksi akan menjadi salah satu talenta, yang akan meramaikan bursa pembalap pada 2017.


"Maverick memiliki dua tahun kontrak (dengan Suzuki). Dia sangat bahagia berada di Suzuki dan bekerja dengan kami semua, tapi jelas dia seorang pembalap yang ambisius," ujar Brivio.


Dia mengakui bahwa Suzuki harus bisa memberikan Vinales mesin, yang memungkinkan dia mengeluarkan potensi terbaiknya. "Mimpi saya adalah melanjutkan selama mungkin dengan dia (Vinales) dan Aleix, karena saya yakin dengan stabilitas."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya