Rio Haryanto Diet Ketat Demi Tampil di F1

Rio Haryanto
Sumber :
  • ANTARA/HO/Paolo Pellegegrini
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Bukan cuma masalah administratif yang harus dipenuhi Rio Haryanto demi bergabung ke Manor Marussia. Ternyata, Rio juga diharuskan memenuhi syarat fisik yang ditetapkan oleh Manor.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Salah satu syarat yang harus dipenuhi Rio adalah berat badan. Disebutkan Rio, Manor memintanya untuk mengurangi berat badan dua hingga tiga kilogram.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


"Saya sebelumnya punya berat 66 kilogram. Manor minta turun dua sampai tiga kilogram. Sekarang berat saya sudah 63 kilogram, jadi cukup. Tinggal dijaga saja," ucap Rio.


Masalah berat badan memang sangat krusial karena terkait dengan beban di atas mobil. Tentunya, ini jadi faktor pendukung kestabilan mobil saat mengaspal di lintasan.


Terkait masalah teknis, Rio mengaku sudah terbiasa dengan sistem mesin di mobil Manor. Pemuda 22 tahun tersebut merasa tak ada kesulitan saat beradaptasi dengan mobil Manor yang musim depan akan menggunakan mesin dari Mercedes.


"Banyak tombol dan sistemnya sedikit rumit. Tapi, saya sudah terbiasa. Mesin dari Mercedes juga sangat bagus dan canggih. Jadi, saya yakin Manor bisa bersaing musim depan," ujar Rio.


Proses negosiasi Rio dengan Manor sebenarnya sudah rampung. Rio sudah menandatangani kontrak yang disodorkan oleh Manor.


Namun, kontrak tersebut harus diverifikasi oleh FIA. Rio juga diharuskan membayar deposit yang sudah ditetapkan dalam syarat mengarungi balapan musim depan.


"Saya berterima kasih dengan Pak Menpora Imam Nahrawi. Saya sudah dapat uang garansi sebesar 15 juta euro. Sponsor seperti Pertamina juga kasih uang, jumlahnya sekitar 5 juta euro," kata Rio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya