Soal Pembalap Favorit, Fans Rio Haryanto Tuding FIA Curang

Pembalap Manor asal Indonesia, Rio Haryanto
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVA.co.id
Rio Haryanto Bersedia Jadi Pembalap Cadangan Manor
- Fans pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto tak terima jagoannya kalah dalam jajak pendapat Driver of the Day yang digelar usai balapan di Sirkuit Albert Park, Minggu 20 Maret 2016 lalu. Mereka menuding FIA selaku otoritas tertinggi berlaku curang.

Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio

Seperti diketahui, FIA memutuskan memberikan gelar Driver of the Day kepada pembalap tim Haas, Romain Grosjaen. Seperti dilansir Reuters, pria asal Prancis itu diumumkan mendapatkan dukungan dari 549.000 suara.
Kisah Pahit Rio Haryanto di F1


Sedangkan Rio yang berasal dari negara berpenduduk lebih dari 250 juta jiwa hanya mendapatkan dukungan 423.000 suara. Hal itulah yang memantik kecurigaan dari para penggemarnya.


Mereka menduga Rio telah sengaja dicurangi dalam penghitungan suara voting Driver of the Day. Untuk memperjelas dugaan, gambar data voting yang terakhir mereka lihat pun diunggah melalui Twitter.


Dalam peraturan yang ditetapkan FIA, setiap suara yang diberikan melalui laman resmi F1 akan kembali disaring. Mereka hanya memberikan 1 orang memberikan 1 suara.


Namun, bagi penggemar Rio itu tidak masuk akal. Mereka mempertanyakan bagaimana prosedur FIA dalam menentukan suara mana yang sah atau tidak. Soal ini pun FIA akhirnya menuai kritik dan sindiran.


"Bagaimana mereka tahu jika tu spam? Apakah aturan itu hanya ditujukan bagi dukungan ke Rio? Dia memiliki pengikut yang besar di Indonesia yang masing-masing orang menggunakan komputer," demikian pernyataan penggemar Rio dikutip dari Manor Racing Fan Blog.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya