Alasan Ada Pergantian Motor di Tengah Balapan GP Argentina

Marc Marquez (kiri) dan Valentino Rossi saat akan melakukan pergantian motor.
Sumber :
  • MotoGP

VIVA.co.id – Banyak kejadian menarik pada balapan yang terjadi di MotoGP Argentina, Senin, 4 April 2016. Salah satunya adalah aturan balap yang dibuat secara mendadak oleh Race Direction, di mana para pembalap wajib mengganti motor yang gunakan ban baru.

Aturan yang dibuat pada balapan di Autodromo Termas de Rio Hondo, tak lepas dari masalah ban Michelin. Scott Redding menjadi salah satu korbannya, saat jalani sesi latihan bebas keempat dengan ban belakang medium.

Ini membuat Michelin selaku penyokong ban MotoGP musim ini, mengambil keputusan menarik ban belakang berkompon hard dan medium mereka. Selain itu, Race Direction juga melakukan perubahan aturan yang wajib dilakukan oleh para pembalap.

Seperti dilansir Crash, pembalap wajib melakukan flag-to-flag atau  pit stop untuk berganti motor dengan ban baru. Sesi balapan juga dilakukan pengurangan dari rencana awal sebanyak 25 laps, menjadi 20 putaran saja.

Jika balapan dimulai di lintasan kering, maka pembalap harus berganti motor dengan ban baru pada akhir lap ke-9, atau ke-10, atau ke-11. Apabila hujan turun dan Race Direction menilai balapan jadi berbahaya, bendera merah akan dikibarkan dan pebalap harus masuk pit.

Tim memiliki waktu 15 menit sejak bendera merah pertama dikeluarkan hingga pit lane dibuka untuk menyetel mesin. Bagian kedua balapan akan terdiri dari 10 putaran, sedangkan starting grid berdasarkan posisi terakhir dari bagian pertama balapan.

Kemudian jika balapan dimulai di lintasan basah, para pembalap boleh masuk ke pit untuk berganti mesin dengan ban baru hanya setelah akhir lap ke-9. Namun, bila balapan dihentikan karena alasan lain di saat sudah menyelesaikan 13 putaran, posisi pembalap ketika balapan dihentikan akan bertahan sebagai hasil akhir dan start takkan diulang.

Aturan ini sendiri dibuat demi keamanan para pembalap di atas lintasan.  Hal ini pernah dilakukan pada GP Australia 2013, ketika ban Bridgstone tidak bisa beradaptasi maksimal dengan lapisan aspal baru Sirkuit Phillip Island.

Marc Marquez keluar menjadi pemenangnya,  dia berhasil menjaga jarak dari Valentino Rossi yang berada di belakangnya usai lakukan pergantian motor. Rossi finis di posisi dua karena Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone alami crash.
 

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016