Terungkap Penyebab Kecelakaan Tragis yang Dialami Luis Salom

Pembalap Moto2, Luis Salom
Sumber :
  • motogp.com

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, penyebab kecelakaan pembalap Moto2, Luis Salom, pada latihan bebas 2 di Sirkuit Catalunya Jumat pekan kemarin masih belum pasti. Namun, pada Senin kemarin, SAG Team telah mengemukakan data bahwa Salom menekan rem sekitar 9 meter lebih jauh dari yang seharusnya.

Jokowi Tinjau Lokasi MotoGP, Relawan Prabowo-Sandi Demo di Mataram

Salom meninggal akibat menerjang pembatas setelah kehilangan kendali atas motornya. Kejadian nahas itu terjadi di tikungan 12.

Pembalap Spanyol itu sebenarnya mencoba untuk mengimbangi putaran lambat pada tikungan 11. Saat itu dia masih melakukan pengereman sebelum akhirnya menabrak pembatas Sirkuit.

Lewat Desa Wisata, Sari Yuliati Dorong Pemberdayaan Perempuan

"Dalam lap itu, Luis tiba untuk mengerem saat tikungan 12 dengan kecepatan 6km/jam lebih lambat dari putaran tercepatnya. Itu disebabkan dari akselerasi lambat saat keluar dari tikungan 11," menurut pernyataan dari SAG Team seperti dilansir Foxsport.

"Penundaan pengereman membuat Luis menjaga rem agar tetap berjalan di atas aspal. Itu dilakukannya sama seperti pada lap sebelumnya," sambungnya.

Stoner: MotoGP Tak Akan Menarik Tanpa Rossi

Atas hal tersebut, akhirnya Salom terpaksa melakukan pengereman yang terlambat. Hal itu menyebabkan Salom kehilangan keseimbangan yang membuat dirinya mengalami kecelakaan tragis itu. 

"Hilangnya keseimbangan menyebabkan kecelakaan tragis seperti yang kita semua tahu," terang pernyataan tim.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya