Rosberg Tak Terima Dikenai Penalti di GP Jerman

Pembalap Tim Mercedes, Nico Rosberg
Sumber :
  • REUTERS/Laszlo Balogh
VIVA.co.id
Rio Haryanto Bersedia Jadi Pembalap Cadangan Manor
- Pembalap Mercedes, Nico Rosberg tak terima dikenai penalti akibat ulahnya saat menyalip pembalap Red Bull, Max Verstappen di pertengahan balapan F1 GP Jerman, Minggu 31 Juli 2016. Pengawas lomba memberi penalti 5 detik kepada pembalap asal Jerman tersebut.

Kisah Pahit Rio Haryanto di F1

Kejadian bermula ketika Rosberg berusaha menyalip Verstappen di tikungan dalam memperebutkan posisi ke-5.  Dari tayangan ulang, terlihat bagaimana Rosberg sengaja memaksa Verstappen keluar lintasan dengan melambatkan momen membelokan mobilnya.
Pembalap Muda Gantikan Rio Haryanto di Manor


Tidak lama usai insiden keluar lintasan, Verstappen mengeluhkan aksi membahayakan Rosberg. Dia merasa sengaja dihalangi oleh jagoan Mercedes tersebut. Tak lama berselang, pengawas lomba mengumumkan akan menyelidiki insiden tersebut.


Rosberg yang mengetahui jika dijatuhi penalti tak tinggal diam. Melalui komunikasi radio kepada timnya, dia memberi penjelasan. Menurutnya, insiden keluarnya Verstappen dari lintasan tidak dia sengaja.


"Posisi saya sudah terkunci, dan Verstappen berada di posisi yang tepat untuk melakukan pengereman," ungkap pembalap berusia 31 tahun tersebut.


Penalti 5 detik tentu berpengaruh besar kepada posisi akhir Rosberg di akhir lomba. Bukan tidak mungkin, dia akan turun sekitar 1 atau 2 posisi dari hasil finisnya di akhir lomba nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya